PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN BUKU PANTAU SISWA KELAS 5C MIN 1 YOGYAKARTA

Rahmawati Sintya Ningrum, NIM.: 18104080037 (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN BUKU PANTAU SISWA KELAS 5C MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN BUKU PANTAU SISWA KELAS 5C MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN BUKU PANTAU SISWA KELAS 5C MIN 1 YOGYAKARTA)
18104080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penguatan pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) 1 dari kurikulum 2013. KI 1 kurikulum 2013 memuat tentang sikap spiritual yaitu hubungan antara manusia dengan sang pencipta. Salah satu karakter utama dalam PPK yaitu religius membahas tentang esensi manusia sebagai makhluk Tuhan. menghindari hal-hal yang dilarang pada agama yang dianutnya. Salah satu karakter utama dalam PPK yaitu religius membahas tentang esensi manusia sebagai makhluk Tuhan. Karakter religius sering digambarkan sebagai suatu sikap dan perilaku yang patuh pada perintah dan menghindari hal-hal yang dilarang pada agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius pada peserta didik kelas 5C di MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model deskriptif kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di MIN 1 Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Mendung Warih No.149A, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Subjek pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas 5C di MIN 1 Yogyakarta. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter atau pendidikan karakter selama masa pembelajaran daring dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa pendidikan karakter religius pada pembelajaran daring siswa kelas 5C di MIN 1 Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan strategi yang telah dipersiapkan oleh sekolah. Pada aspek ibadah baik wajib maupun sunnah, guru tetap mengawasi pelaksanaan ibadah peserta didik melalui buku pantau, google form, whats up grup, dan plat form online lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: PPK, Religius, Karakter, MIN 1 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Nov 2022 15:52
Last Modified: 03 Nov 2022 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum