ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN MAN II SURAKARTA

SYAIFUL AMRI - NIM. 04141730, (2011) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN MAN II SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN MAN II SURAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN MAN II SURAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan MAN II Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan subyek penelitian adalah pemustaka perpustakaan perpustakaan MAN II Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemustaka Perpustakaan MAN II Surakarta berjumlah 709. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling aksidental yaitu sampel yang diambil dari siapa saja yang dijumpai di tengah jalan untuk dimintai pendapatnya. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan 10% dari jumlah populasi 709 pemustaka, hal ini berdasarkan ketentuan Suharsimi Arikunto sehingga jumlah sampelnya sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang menggunakan skala likert dengan kategori jawaban terdiri dari empat alternatif jawaban. Analisis data dilakukan dengan alat bantu SPSS (Statistical Package For Social Sciences) for Windows versi 13.0. Variabel dalam penelitian ini bersifat tunggal yaitu kualitas pelayanan perpustakaan MAN II Surakarta. Pengukuran tanggapan pemustaka berdasar lima dimensi pelayanan (servqual dimention) yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti langsung (tangibles). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan MAN II Surakarta sudah baik dengan hasil total nilai rata-rata 2,76 sehingga penafsiran/interpretasinya tergolong baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: tanggapan pemustaka, kualitas pelayanan.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Feb 2013 18:44
Last Modified: 13 Oct 2015 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum