PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GUDANG KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI MTS ASSALAFIYYAH MLANGI

Izzun Nadzifah, NIM.: 18104020078 (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GUDANG KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI MTS ASSALAFIYYAH MLANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GUDANG KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI MTS ASSALAFIYYAH MLANGI)
18104020078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GUDANG KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII DI MTS ASSALAFIYYAH MLANGI)
18104020078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan game edukasi “Gudang Kata” dan mengetahui peningkatan penguasaan kosakata siswa terhadap penggunaan game edukasi “Gudang Kata” dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian R&D model Sugiyono dengan enam tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, validasi desain, dan uji coba produk. Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan direspon oleh 30 siswa Kelas VII MTs Assalafiyyah Mlangi. Hasil kualitas produk ditentukan dengan menghitung rata-rata skor data kuantitatif kemudian dijabarkan data kualitatif dari hasil angket. Adapun untuk uji peningkatan penguasaan kosakata siswa didapatkan dari hasil pretest dan posttest, dan normalitas gain. Hasil penelitian pengembangan ini game edukasi “Gudang Kata” memperoleh presentase dari ahli materi untuk kesesuaian materi yaitu 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Menurut ahli media untuk kualitas media memperoleh presentase 88,57% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil respon 30 siswa mendapatkan presentase 85,19% dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian hasil uji analisis peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan sebesar 0,7 dengan kategori “Tinggi” berdasarkan perolehan skor rata-rata pretest sebesar 86,33 dan skor rata-rata posttest sebesar 96.00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Game Edukasi, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 15:07
Last Modified: 04 Nov 2022 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum