ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Resma Dewi Nurpitri, NIM.: 18104020039 (2022) ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
18104020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
18104020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi BISA berdasarkan teori penilaian multimedia pembelajaran dan mengetahui pendapat ahli bahasa Arab tentang aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran selain buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods). Aplikasi BISA sebagai objek penelitian dianalisis menggunakan kriteria penilaian multimedia pembelajaran menurut Thorn sebagai indikator kelayakan, yang meliputi: Kemudahan Navigasi, Kandungan Kognisi, Presentasi Informasi, Integrasi Media, Artistik dan Estetika, dan Fungsi Keseluruhan. Pengumpulan data yang dianalisis pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan untuk mengetahui pendapat ahli bahasa Arab peneliti menggunakan metode angket/kuisioner. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan metode analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa aplikasi BISA memperoleh persentase skor sebesar 69.05% yang diinterpretasikan dengan kategori cukup layak. Sedangkan berdasarkan hasil angket/kuisioner aplikasi BISA memperoleh persentase skor sebesar 80% yang dikategorikan cukup layak. Berdasarkan hasil analisis kelayakan dengan kriteria penilaian multimedia pembelajaran aplikasi BISA sebagai multimedia pembelajaran telah mengintegrasikan beberapa bentuk media seperti teks, gambar, audio, dan vidio. Materi dalam aplikasi ini sudah meliputi materi pengetahuan dan keterampilan serta mengandung materi pengayaan, sehingga ahli bahasa Arab berpendapat bahwa aplikasi tersebut tepat digunakan untuk pembelajar pemula. Adapun kekurangan aplikasi terdapat pada beberapa indikator diantaranya indikator kandungan kognisi, indikator artistik dan estetika, dan indikator fungsi keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nisa Syuhda, S. S., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan, Media Pembelajaran, Aplikasi BISA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 16:09
Last Modified: 04 Nov 2022 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum