ANALISIS KESALAHAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 1 SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022

Rahmi Imamah, NIM.: 18104020033 (2022) ANALISIS KESALAHAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 1 SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 1 SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 1 SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu terjadi banyak kesalahan menulis Arab pada siswa dan rendahnya nilai bahasa Arab siswa ketika melakukan ujian meskipun materi sudah diajarkan. Oleh karena itu penulis bertujuan untuk mencari tahu faktor penyebab kesalahan menulis serta upaya untuk mengatasi masalah kesalahan menulis kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Surodadi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Muhammadiyah Surodadi 1 tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen penelitian pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dilanjutkan dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk kesalahan menulis kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Surodadi 1 berupa kesalahan dalam penambahan huruf, kesalahan dalam pengurangan huruf, kesalahan dalam merubah huruf, kesalahan dalam menyambung dan memisah huruf, dan kesalahan dalam menulis huruf ta‘. (2) Faktor penyebab kesalahan menulis kosakata Arab adalah karena karakteristik bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, Faktor internal meliputi bakat, minat dan motivasi belajar siswa rendah, kelemahan pada anggota badan/cacat tubuh, rendahnya kepercayaan diri siswa, sarana prasarana kurang memadai, metode dan media pembelajaran kurang variatif, minimnya jam belajar bahasa Arab di sekolah, kurangnya latihan atau praktek menulis, dan kurangnya dukungan keluarga dalam belajar. (3) Upaya yang dilakukan sekolah, guru, dan siswa dalam mengatasi kesalahan menulis kosakata Arab yaitu pihak madrasah membuat program berupa kegiatan baca tulis Al-Qur‟ān pada pagi hari sebelum dilaksanakan kegiatan belajar mengajar.Guru memberikan motivasi kepada siswa setiap pembelajaran dan memanfaatkan fasilitas dengan maksimal. Dan siswa bersikap komunikatif dan responsif ketika ada materi yang tidak dipahami, mereka menanyakan hal tersebut kepada guru bahasa Arab, dan berusaha percaya diri dengan hasil kerjanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan Menulis, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 16:09
Last Modified: 04 Nov 2022 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum