ANALISIS BUKU AJAR ARABIYAH LIL FATA JILID 1, 2, 3 TINGKAT MUTAWASITH TINJAUAN CEFR (COMMON EUROPE FRAMEWORK OF REFERENCE)

Amrina Rosyada, NIM : 18104020024 (2022) ANALISIS BUKU AJAR ARABIYAH LIL FATA JILID 1, 2, 3 TINGKAT MUTAWASITH TINJAUAN CEFR (COMMON EUROPE FRAMEWORK OF REFERENCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS BUKU AJAR ARABIYAH LIL FATA JILID 1, 2, 3 TINGKAT MUTAWASITH TINJAUAN CEFR (COMMON EUROPE FRAMEWORK OF REFERENCE))
18104020024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ANALISIS BUKU AJAR ARABIYAH LIL FATA JILID 1, 2, 3 TINGKAT MUTAWASITH TINJAUAN CEFR (COMMON EUROPE FRAMEWORK OF REFERENCE))
18104020024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya buku ajar sebagai salah satu instrumen pembelajaran yang vital dan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada buku-buku ajar sebelumnya terdapat beberapa kekurangan seperti: kesalahan penerapan qawaid, kesalahan sintaksis, kesalahan susunan kata, idhafah dan penggunaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi pada penggunaan mufradat yang ditinjau dari dalam kompetensi komunikatif leksikal CEFR (Common Europe Framework of Reference). Penelitian ini ialah penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini ialah buku Arabiyah lil Fata jilid 1, 2, 3 tingkat mutawasith. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Buku Arabiyah lil Fata tingkat mutawasith terdiri dari 3 jilid, jilid 1 dinilai berdasarkan kriteria level A1-A2 CEFR, jilid 2 berdasarkan kriteria level B1-B2 dan jilid 3 berdasarkan kriteria level C1-C2. Penelitian ini menggunakan penilaian Skala likert atau likert scale dengan rentang skor 1 - 4 untuk menentukan nilai kelayakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku Arabiyah lil Fata tingkat mutawasith pada jilid 1 yang terdiri dari level A1 dan A2 dinilai cukup layak dengan nilai presentase 70.30% pada penggunaan kosakata dasar yang memenuhi kebutuhan komunikatif sehari-hari. Jilid 2 yang terdiri dari level B1 dan B2 dinilai kurang layak dengan nilai presentase 48.14% pada penggunaan kosakata bertema diri sendiri dan topik umum. Jilid 3 yang terdiri dari level C1 dan C2 dinilai kurang layak dengan nilai presentase 36.50% pada penggunaan kosakata idiomatis bermakna konotatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nisa Syuhda, S.S. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Mufradat, tinjauan CEFR
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Nov 2022 16:11
Last Modified: 04 Nov 2022 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum