PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAGU GUBAHAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 MI QURROTA A'YUN TAHUN 2021/2022

Rizqi Amalia, NIM.: 18104020023 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAGU GUBAHAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 MI QURROTA A'YUN TAHUN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAGU GUBAHAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 MI QURROTA A'YUN TAHUN 2021/2022)
18104020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAGU GUBAHAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 MI QURROTA A'YUN TAHUN 2021/2022)
18104020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi atau kosakata bahasa Arab yang menjadi permasalahan inti dari pembelajaran Bahasa Arab. Serta tidak adanya bantuan dengan cara dan sarana yang menarik sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran yang terus menerus dan minat siswa terhadapnya rendah. Bahkan kita membutuhkan sarana yang dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan siswa dalam bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk media pengembangan pembelajaran bahasa Arab berbasis lagu gubahan dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan media lagu gubahan dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif pada sektor pengembangan berbasis ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu Teknik Validasi Ahli, Dokumentasi dan Wawancara, yang kemudian dari beberapa instrumen tersebut peneliti memilih sampel siswa kelas 1 semester 2 MI Qurrota A’yun. Adapun hasil dari penelitian ini, dapat dilihat dari beberapa aspek berdasarkan Teknik R&D (Research and Development) yaitu pertama spesifikasi produk media lagu gubahan, yang dimana spesifikasi media audio ini berupa lagu pembelajaran bahasa Arab dan dikonsep secara apik, mudah serta familiar di kalangan anak-anak. Lagu yang disajikan berupa materi kosakata yang terdapat dalam buku paket bahasa Arab kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, kemudian dikemas dalam sebuah video yang menarik lalu di upload ke youtube serta dijadikan sebagai media pembelajaran. Aspek kedua adalah proses pengembangan media audio, yang merupakan hasil dari tahap pengembangan yang dilakukan dengan validasi dari beberapa ahli; ahli materi dan ahli media. Dengan rata-rata presentase 98% (valid/layak dan tidak revisi) dari ahli materi, dan 92% (valid/layak dan tidak revisi) dari ahli media. Sehingga media tersebut dapat dikembangkan untuk diaplikasikan. Adapun aspek ketiga adalah respon dan daya tarik media lagu gubahan. Dengan hasil nilai rata-rata pretest 70 dan hasil rata-rata nilai posttest 88 ini membuat media lagu gubahan yang telah dikembangkan tersebut sangat diterima oleh para siswa sehingga mampu meningkatkan nilai hasil belajar pada pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Lagu Gubahan, Media Youtube
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 09:59
Last Modified: 07 Nov 2022 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum