ANALISIS KITAB AL-I’ROB AL-MUYASSAR KARYA K.H ABDUL KHOLIQ HASAN (Ditinjau Dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Dan Repetisi)

Sundirah, NIM.: 18104020019 (2022) ANALISIS KITAB AL-I’ROB AL-MUYASSAR KARYA K.H ABDUL KHOLIQ HASAN (Ditinjau Dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Dan Repetisi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KITAB AL-I’ROB AL-MUYASSAR KARYA K.H ABDUL KHOLIQ HASAN (Ditinjau Dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Dan Repetisi))
18104020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KITAB AL-I’ROB AL-MUYASSAR KARYA K.H ABDUL KHOLIQ HASAN (Ditinjau Dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Dan Repetisi))
18104020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kelemahan pada aspek repetisi yang terdapat dalam kitab Al-I’rob Al-Muyassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyajian materi yang terdapat dalam kitab Al-I’rob Al-Muyassar ditinjau dari konsep seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi dan untuk mengetahui metode pembelajaran nahwu yang digunakan dalam kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kepustkaan (library research). Objek penelitian ini adalah materi kitab Al-I’rob Al-Muyassar. Sumber data diperoleh dari kitab Al-I’rob Al-Muyassar. Metode pengumpulan data dalam kitab ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (conten analysi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyajian materi dari kitab Al-I’rob Al-Muyassar dari aspek seleksi adalah kosa kata yang digunakan berupa ayat Al-Qur’an, ungkapan sehari-hari dan syair Arab. Dari aspek gradasi, kitab Al-I’rob Al-Muyassar menggunakan gradasi lurus. Dari aspek presentasi, kitab Al-I’rob Al-Muyassar menggunakan prosedur kontekstual, dan dari aspek repetisi, kitab Al-I’rob Al-Muyassar adanya penambahan i’rob dari contoh materi yang dipelajari sebelumnya untuk menguatkan pemahaman pelajar terhadap materi yang telah dipelajari. (2) Metode yang digunakan dalam kitab Al-I’rob Al-Muyassar adalah Al-Thariqah Al-Qiyasiyyah (metode deduktif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dilatus Syamsiyah M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kitab l-I’rob Al-Muyassar, dan Pembelajaran Qowa’id.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:12
Last Modified: 07 Nov 2022 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum