LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS V DI MIN 3 BANTUL

Umul Hasanah, NIM.: 18104010112 (2022) LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS V DI MIN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS V DI MIN 3 BANTUL)
18104010112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SELAMA PANDEMI COVID-19 KELAS V DI MIN 3 BANTUL)
18104010112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di masa pandemi covid-19, pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh/online. Salah satu kekhawatirannya adalah jika pembelajaran online berlangsung dalam waktu yang lama akan mengakibatkan penurunan pengetahuan dan keterampilan belajar atau learning loss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 3 Bantul. (2) dampak learning loss dalam pembelajaran Akidah Akhlak selama pandemi Covid-19 Kelas V di MIN 3 Bantul. (3) hasil yang dicapai dalam pembelajaran Akidah Akhlak selama pandemi Covid-19 Kelas V di MIN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran Akidah Akhlak selama pandemi covid-19 kelas V di MIN 3 Bantul dilaksanakan secara daring (online) dan luring (tatap muka). Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui WhatsApp Group dan Google Form. Sedangkan saat luring belajar disekolah meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. 2) Dampak learning loss antara lain hilangnya minat belajar, mengalami tekanan psikologis dan psikososial, dan kehilangan pengetahuan dan kemampuan yang terjadi karena pembelajaran tidak efektif. Dengan adanya dampak learning loss tersebut membuat tujuan pembelajaran Akidah Akhlak belum tercapai maksimal. 3) Hasil belajar dilakukan pada tiga aspek yaitu: ranah kognitif dinilai melalui tugas harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Ranah psikomotorik dilaksanakan pada praktek cara adab bertamu, yaitu dengan mengirim video praktek melalui whatsapp group dan secara langsung di sekolah. Ranah afektif ketika daring dilaksanakan dengan cara mengecek kehadiran dengan mengumpulkan tugas dan memperhatikan ketepatan waktu dalam mengirim tugas. Sedangkan ketika tatap muka dilakukan dengan cara melihat keaktifan siswa dan sikap nya selama di kelas serta berperilaku sopan santun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak , Learning Loss, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:34
Last Modified: 07 Nov 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum