UUPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN YOGYAKARTA

Asma Nadya Muthmainnah, NIM.: 18104010066 (2022) UUPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN YOGYAKARTA)
18104010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK UNTUK MENGHAFAL AL-QUR'AN DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN YOGYAKARTA)
18104010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan upaya yang dilakukan oleh Guru PAI terhadap problematika dalam memotivasi peserta didik kelas V untuk menghafal Al-Qur’an. Sebagai lulusan sekolah Muhammadiyah, Guru PAI mengharapkan peserta didiknya mampu menghafal Al-Qur’an. Namun pada kenyataannya tidak sesuai dikarenakan masih terdapat beberapa peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan kesulitan menghafalkannya, sehingga hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dalam peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an. Maka muncullah berbagai problematika Guru PAI dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengafal Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualiatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian ini adalah : 1) Problematika Guru PAI dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an adalah Kurangnya SDM Pengajar Tahfiz, Kurangnya Motivasi Peserta didik dalam Menghafal Al-Qur’an, Peserta didik kesulitan membaca dan menghafal Al-Qur’an, dan Metode yang digunakan kurang bervariasi. 2) Upaya Guru PAI dalam meningatkan moivasi peserta didik dalam menghafal yaitu Guru membimbing peserta didik untuk muroja’ah, Guru PAI memberikan motivasi kepada peserta didik, Guru memperbaiki bacaan peserta didik, dan Guru mengadakan setoran seminggu sekali. 3) Hasil upaya yang telah dilakukan guru PAI untuk meningkatkan motivasi peserta didik menghafal Al-Qur’an masih belum mampu untuk memecahkan problematika yang ada. Hal ini dapat ditunjukkan melalui kurangnya motivasi dari peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an, sehingga jumlah wisuda tahfiz pada tahun 2021/2022 menurun daripada tahun 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Meningkatkan Motivasi Peserta didik, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:37
Last Modified: 07 Nov 2022 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum