Perbandingan Akhlak kepada Orang Tua bagi Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Luar Pondok Pesantren (Studi Kasus Siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan Siswa MTs Negeri 1 Klaten).

Khofifah Hidayatuz Zakiyah, NIM.: 18104010058 (2022) Perbandingan Akhlak kepada Orang Tua bagi Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Luar Pondok Pesantren (Studi Kasus Siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan Siswa MTs Negeri 1 Klaten). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Perbandingan Akhlak kepada Orang Tua bagi Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Luar Pondok Pesantren (Studi Kasus Siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan Siswa MTs Negeri 1 Klaten).)
18104010058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Perbandingan Akhlak kepada Orang Tua bagi Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Luar Pondok Pesantren (Studi Kasus Siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan Siswa MTs Negeri 1 Klaten).)
18104010058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di dalam ajaran Islam terdapat beberapa macam aspek yang perlu dipelajari oleh seorang muslim, diantaranya yaitu akhlak. Terdapat beberapa macam ruang lingkup akhlak, salah satunya yaitu akhlak dalam keluarga. Di dalam keluarga seorang muslim harus melakukan perilaku atau akhlak yang baik, seperti berbuat baik kepada orang tua. Ditemukan ada perbedaan akhlak kepada orang tua pada siswa MTs yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di luar pesantren. Pada umumnya akhlak siswa yang tinggal di pesantren lebih baik dibanding siswa yang tidak tinggal di pesantren. Hal itu patut diduga karena siswa-siswa yang tinggal di pesantren mendapatkan materi pelajaran keagamaan lebih banyak dibanding mereka yang tidak tinggal di pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan akhlak kepada orang tua antara siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan siswa MTs Negeri 1 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dan MTs Negeri 1 Klaten. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu populasinya seluruh siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dan seluruh siswa MTs Negeri 1 Klaten, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dan siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Klaten. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan rumus product moment, sedangkan uji reabilitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik alfa Cronbach. Analisis data menggunakan independet sampel t-test. Hasil penelitian ini adalah: 1) Akhlak kepada orang tua antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pondok pesantren (siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti dengan siswa MTs Negeri 1 Klaten) terdapat perbedaan. Siswa MTs Al-Muttaqien Pancasila Sakti lebih cenderung berbakti kepada kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak kepada Orang Tua, Akhlak Santri kepada Orang Tua, Akhlak Siswa kepada Orang Tua
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 10:38
Last Modified: 07 Nov 2022 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum