Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Larutan Asam Basa untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Meli Apriyanti, NIM.: 16670040 (2022) Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Larutan Asam Basa untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Larutan Asam Basa untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA)
16670040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Larutan Asam Basa untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA)
16670040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Scientific approach adalah pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung baik menggunakan observasi, eksperimen maupun cara yang lainnya sehingga informasi atau data yang diperoleh valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Scientific approach dapat meningkatkan pemahaman pada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, mencari informasi dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas modul pembelajaran berbasis scientific approach pada materi larutan asam basa dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangkan (R&D) dengan model pengembangan Thiagarajan yang disebut dengan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop saja. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan kualitas produk ini dinilaikan kepada ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia kelas SMA/MA). Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket dengan skala likert. Produk yang dikembangkan adalah media cetak dengan ukuran A5. Produk berisi materi larutan asam basa dengan pendekatan scientific approach. Persentase hasil penelitian produk oleh ahli materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik (SB), ahli media mendapat nilai sebesar 80% dengan kategori baik (B), dan reviewer (guru kimia SMA/MA) mendapat nilai sebesar 91,36% dengan kategori sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul, scientific approach, larutan asam bas
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 11:02
Last Modified: 07 Nov 2022 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum