PENGEMBANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Nafika Afkarina, NIM.: 16690048 (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
16690048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
16690048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, fisika merupakan salah satu materi yang diajarkan sejak jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada lingkungan sekolah, ternyata fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. Alasan para siswa tersebut tidak menyukai fisika adalah karena fisika memiliki banyak sekali persamaan dan perhitungan yang harus mereka fahami. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan aplikasi kalkulator fisika berbasis android untuk materi fisika kelas XI semester genap, (2) Mengetahui kualitas aplikasi kalkulator fisika berbasis android untuk materi Fisika kelas XI semester genap, (3) Mengetahui respon peserta didik SMA/MA terhadap aplikasi kalkulator fisika berbasis android untuk materi Fisika kelas XI semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan) yang dibatasi pada uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian kualitas aplikasi kalkulator fisika berbasis android dengan menggunakan skala Likert dengan skala 4 dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil dari penelitian ini (1) Telah dihasilkan sebuah aplikasi kalkulator fisika berbasis android untuk materi fisika kelas XI semeseter genap, (2) Kualitas aplikasi kalkulator fisika berbasis android termasuk dalam kategori Baik (B) berdasarkan penilaian ahli materi dengar skor sebesar 3,20. Sedangkan menurut penilaian ahli media dan guru fisika, kualitas aplikasi kalkulator fisika berbasis android termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media dengan skor sebesar 3,33 dan penilaian guru fisika dengan skor 3,54. (3) Respon peserta didik terhadap aplikasi kalkulator fisika berbasis android yang dikembangkan dalam uji coba terbatas mendapat respon yang positif dan mendapat kategori Baik (B) dengan skor sebesar 0,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Untoro, M. Si
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, kalkulator, android.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 Nov 2022 11:02
Last Modified: 07 Nov 2022 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum