PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus terhadap Dokter di Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sleman Yogyakarta)

Muchammad Qosim al Faizi, NIM.: 20203011074 (2022) PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus terhadap Dokter di Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sleman Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus terhadap Dokter di Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sleman Yogyakarta))
20203011074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus terhadap Dokter di Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sleman Yogyakarta))
20203011074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada tatanan kehidupan saat ini dihadapkan dengan agenda besar dalam usaha memutus penyebaran virus covid-19. Dampak yang ditimbulkan adanya pandemi covid-19 dirasakan oleh semua kalangan, salah satunya adalah seseorang yang berprofesi sebagai dokter. Ketika para dokter selesai bertugas menanggani pasien covid-19, mereka ada rasa khawatir jika pulang ke rumah akan membawa virus covid-19. Semakin banyak pasien yang terpapar covid-19 tentu berdampak pada tenaga dan jam kerja para dokter, di mana para dokter dituntut untuk dapat menangani pasien dengan sebaik mungkin. Sehingga, waktu mereka bersama keluarga tersita banyak untuk menangani pasien covid-19. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan sebagai berikut; pertama, bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri oleh dokter di IDI kabupaten Sleman pada masa pandemi covid-19, kedua, bagaimana tinjauan Maṣlaḥah Utilitarisme, dan Mubadalah terhadap pemenuhan hak dan kewajiban suami istri oleh dokter di IDI kabupaten Sleman pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif-analitik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu wawancara kepada (lima) 5 dokter di IDI Kabupaten Sleman. Kemudian, sumber data sekunder yaitu, dokumentasi berupa laporan, catatan, transkip. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif-empiris, analisis data kualitatif dengan metode induktif dan menggunakan pisau analisis Maslahah, Utilitarisme dan Mubadalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, pemenuhan hak dan kewajiban suami istri oleh dokter di IDI kabupaten Sleman Yogyakarta pada masa pandemi covid-19 yaitu bahwa terdapat kewajiban yang belum terpenuhi secara maksimal oleh para dokter. Kedua, pemenuhan hak dan kewajiban sejalan dengan prinsip Maṣlaḥah, yaitu dengan mengutamakan penanganan pasien covid-19 dibandingkan mengutamakan pemenuhan kewajiban terhadap keluarganya. Kemudian, berdasarkan prinsip Utilitarisme, bahwa para dokter dibenarkan jika lebih mengutamakan penanganan pasien covid-19 dibandingkan mengutamakan kewajibannya terhadap suami/istrinya. Jika diperhitungan akibat dari kerugian yang dirasakan oleh para dokter karena tidak maksimal dalam memenuhi kewajibannya terhadap suami/istrinya pada masa pandemi covid-19 akan tidak seberapa dibandingkan dengan keuntungan ketika para dokter mengutamakan penanganan pada pasien covid-19. Kemudian juga, pemenuhan tersebut juga sejalan dengan konsep mubadalah, karena para dokter sudah menerapkan konsep kesalingan dalam menjalankan kewajiban suami dan kewajiban istri, serta sudah ada taradhin (kerelaan) antara suami-istri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Susiknan Azhari
Uncontrolled Keywords: suami istri; maslahah; utilitarisme; mubadalah; KUHPerdata
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:43
Last Modified: 04 Nov 2022 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum