IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT

Rifa Rizkia Fakhrini, NIM.: 17104090046 (2022) IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT)
17104090046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DI SMP NEGERI 1 PAMEUNGPEUK GARUT JAWA BARAT)
17104090046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan siswa dan guru di SMP Negeri 1 Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat dalam melangsungkan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19. Keterbatasan tersebut memengaruhi pemahaman belajar siswa sehingga pembelajaran dirasa kurang efektif. Adanya Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 4/KB/2020 yang menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka diperbolehkan dengan memenuhi persyaratan dan protokol kesehatan yang sudah ada penetapannya atau sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah. Alternatif yang dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kondisi saat ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran hybrid learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan implementasi hybrid learning di SMP N 1 Pameungpeuk sebagai solusi bagi siswa yang terkendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan didapati informan kunci kepala sekolah, informan utama guru, dan informan tambahan siswa SMP N 1 Pameungpeuk. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transcript, coding, grouping, dan comparing & contrasting serta dalam menganalisa keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hybrid learning yang diterapkan SMP N 1 Pameungpeuk dapat menjadi solusi bagi siswa yang terkendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh; (2) Hybrid learning memberikan kesempatan bagi guru untuk mengetahui keadaan, karakter, dan perkembangan akademik siswa; (3) Penyesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan adalah RPP satu lembar, waktu belajar yang digunakan adalah tiga puluh menit pada setiap mata pelajaran dengan memanfaatkan beberapa aplikasi, evaluasi dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hybrid Learning, metode pembelajaran, pembelajaran jarak jauh, SMP N 1 Pameungpeuk
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:17
Last Modified: 08 Nov 2022 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum