PENERAPAN MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA PENYIMPANAN DATA ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA

M Fadli Firmansyah, NIM.: 17104090074 (2022) PENERAPAN MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA PENYIMPANAN DATA ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA PENYIMPANAN DATA ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA)
17104090074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM UPAYA PENYIMPANAN DATA ARSIP DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA)
17104090074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait siklus hidup arsip dinamis dalam manajemen kearsipan serta keefektifannya pada penyimpanan data arsip dengan pendekatan daur hidup arsip (life cycle) yang dikembangkan pada awal tahun 1970-an di Eropa. Siklus ini meliputi penciptaan/penerimaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 informan, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data, peneliti menggunakan tahap transcipt, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siklus hidup arsip dinamis dalam manajemen kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta meliputi 4 pilar yaitu, (a) penciptaan/penerimaan arsip dilakukan melalu sistemi manual, elektronik, dan hybrid, (b) penggunaan arsip melalui prosedur pinjam arsip, (c) pemeliharaan arsip untuk menjaga ketersediaan fisik maupun isi arsip, (d) penyusutan arsip dilakukan untuk menghemat dan mengurangi volume penyimpanan arsip. (2) keefektifan siklus hidup arsip dinamis pada penyimpanan data arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta yaitu berjalan dengan dengan baik dan lancar, hal ini dapat dilihat dari mudahnya arsiparis dalam penemuan kembali arsip yang dibutuhkan serta terpeliharanya arsip diruang penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Arsip, Life Cycle, Penyimpanan Arssip
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:18
Last Modified: 08 Nov 2022 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum