ANALISIS MODEL MENTAL SIKAP DAN PENDEKATAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Riyan Tsabit Janany, NIM.: 17106090009 (2022) ANALISIS MODEL MENTAL SIKAP DAN PENDEKATAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MODEL MENTAL SIKAP DAN PENDEKATAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA)
17106090009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MODEL MENTAL SIKAP DAN PENDEKATAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA)
17106090009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi model sikap dan pendekatan siswa dalam pemecahan masalah fisika 2) mengetahui konsistensi penggunaan model sikap dan pendekatan siswa dalam pemecahan masalah fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 173 siswa SMA N 1 Sidareja di Kabupaten Cilacap. Sampel tersebut dipilih menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner Attitudes and Approaches to Problem Solving (AAPS) yang dikembangkan oleh Mason & Singh (2016). Hasil tanggapan siswa pada kuisioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis model. Kelebihan dari metode ini adalah dapat merepresentasikan kecenderungan kondisi pengetahuan siswa dalam menggunakan suatu model. Selain itu, generalisasi yang dilakukan melalui matriks densitas kelas, nilai eigen, dan vektor eigen memungkinkan peneliti untuk menarik banyak informasi tentang kondisi pengetahuan siswa. Penelitian ini menunjukkan dengan baik penggunaan metode analisis model untuk mengeksplorasi hasil tanggapan siswa pada instrumen non tes yaitu kuisioner. Hasil dari plot model menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih memiliki sikap dan pendekatan dalam pemecahan masalah fisika yang tidak sesuai dengan para ahli. Estimasi model menunjukkan 2 model yang digunakan siswa yaitu model 1 dan model campuran. Matriks densitas kelas dan nilai eigen (>0,65) pada setiap indikator mengindikasikan bahwa siswa tidak konsisten dalam menggunakan modelnya dan kebanyakan siswa menggunakan model yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: model, analisis model, sikap dan pendekatan, pemecahan masalah.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:41
Last Modified: 10 Nov 2022 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum