HUBUNGAN PEMAKAIAN BUSANA MUSLIMAH DAN KONSEP DIRI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Inda Srirahayu, NIM. 98222426 (2003) HUBUNGAN PEMAKAIAN BUSANA MUSLIMAH DAN KONSEP DIRI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMAKAIAN BUSANA MUSLIMAH DAN KONSEP DIRI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
98222426_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMAKAIAN BUSANA MUSLIMAH DAN KONSEP DIRI MAHASISWI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
98222426_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kesesuaian pemakaian busana muslimah mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia cukup baik hal ini ditandai dengan diperolehnya data dengan nilai rata-rata sedang. Dari basil analisa data menunjukkan bahwa mahasiswi yang memiliki kesesuaian pemakaian busana muslimah tinggi sebesar 21.24%, yang memiliki kesesuaian pemakaian busana muslimah sedang sebesar 64.60%, dan yang memiliki kesesuaian pemakaian busana muslimah rendah sebanyak 14.16%. Konsep diri mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia yang masih aktif pada tahun ajaran 2002/2003 cukup baik hal ini ditandai dengan data yang diperoleh rata-rata sedang. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa responden yang memiliki konsep diri aspek fisik tinggi sebesar 33.63% responden, yang memiliki konsep diri aspek fisik sedang sebanyak 39.82% dan yang memiliki konsep diri aspek fisik rendah sebanyak 26.55 %. Untuk konsep diri aspek psikis yang tinggi sebesar 19.4 7% responden, yang memiliki konsep diri aspek psikis sedang sebanyak 62.83% responden dan yang memiliki konsep diri aspek psikis rendah sebanyak 17. 70 % responden. Sedangkan konsep diri aspek moral yang tinggi sebesar 23.01 % responden, yang memiliki konsep diri aspek moral sedang sebanyak 55.75% dan yang memiliki konsep diri aspek moral rend ah sebanyak 21. 24 %. Dan untuk konsep diri aspek sosial tinggi sebesar 30.09% responden, yang memiliki konsep diri aspek sosial sedang sebanyak 46.90% dan yang rnemiliki konsep diri aspek sosial rendah sebanyak 23.01 %. Untuk konsep diri secara keseluruhan yang memiliki konsep diri tinggi sebesar 31.86% responen, yang memiliki konsep diri sedang sebesar 45.13% responen, dan yang memiliki konsep diri rendah sebanyak 23. 0 l %. Ada hubungan timbal balik yang signifikan antara kesesuaian pemakaian busana muslimah dengan konsep diri mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia artinya bahwa kesesuaian dalam busana muslimal1 dengan norma Islam baik itu dalam ketebalan kain, kelonggaran busana, saat pemakaian, panjang pendeknya pakaian, akan menjaga pemakaian untuk m1tuk seslalu bertindak sesuai dengan ajaran Islam sehingga hal ini mempengeruhi mal1asiswi dalam mengenal atau menilai dirinya. Begitu juga sebaliknya semakin positif konsep diri yang dimiliki yang tercennin dalam perilaku seseorang, akan mempengaruhi kesesuaian pemakaian busana muslimah. Kuat hubungan timbal balik antara kesesuaian berbusana rnuslimah dengan konsep diri yaitu sebesar 0.446 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, nilai hubungan yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa konsep diri tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh kesesuaian dalam berbusana muslimah begitu juga sebaliknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Zawimah, SU,
Uncontrolled Keywords: Pemakaian Busana Muslim, Konsep Diri Mahasiswi Fakultas Agama ISlam Universitas Islam Indonesia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Nov 2022 09:08
Last Modified: 17 Nov 2022 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum