UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MELALUI METODE SOROGAN PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Riyanto, NIM.: 18204011044 (2022) UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MELALUI METODE SOROGAN PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MELALUI METODE SOROGAN PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
18204011044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA MELALUI METODE SOROGAN PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
18204011044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari metode yang tepat digunakan oleh guru pada pembelajaran SKI, akan berdampak pada kecerdasan intelektualnya. Artinya siswa dalam memahami pelajaran tidak hanya secara instan saja, tetapi siswa harus lebih berfikir kritis dan menjaga ingatannya pada materi yang dipelajari. Dengan demikian, guru dituntut agar lebih berkreaktifitas dalam mengembangkan metode, terlebih pada pembelajaran SKI yang lingkupnya luas. Sebagaimana upaya yang dilakukan guru SKI MA Ali Maksum, untuk meningkatkan kecerdasan intelektual siswa melalui metode sorogan. Maka tujuan penelitian ini adalah menguraikan penerapan metode sorogan pada pembelajaran SKI, upaya yang dilakukan guru SKI dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa, dan dampak dari metode sorogan pembelajaran SKI tehadap kecerdasan intelektual siswa di MA Ali Maksum. Penelitian ini dilakukan di MA Ali Maksum, dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang dituju untuk memperoleh data adalah kepala sekolah, guru SKI, siswa, dan staff administrasi. Setelah data terkumpul, maka dianalisis dengan analisis data kualitatif. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, dengan teknik triangulasi yaitu; membandingkan hasil wawancara dengan data pengamatan, kemudian membandingkan hasil data tersebut dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) penerapan metode sorogan pada pembelajaran SKI MA Ali Maksum, yakni menggunakan materi kitab Khulashoh Nurul Yaqin dengan sorogan, pelaksanaan sorogan dengan membaca materi, memberi makna, dan menjelaskan, serta tahapan pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; (2) upaya guru SKI dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa MA Ali Maksum, yaitu dengan mengoptimalkan pemaham siswa saat belajar, menumbuhkan penalaran siswa saat belajar, dan melatih daya ingat siswa saat belajar; (3) dampak metode sorogan pembelajaran SKI terhadap kecerdasan intelektual siswa MA Ali Maksum, yaitu pemahaman siswa berkembang dengan baik, penalaran siswa berkembang dengan baik, dan daya ingat siswa membekas positif di pikirannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru SKI, Kecerdasan Intelektual, Metode Sorogan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:42
Last Modified: 10 Nov 2022 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum