ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA-LIKE DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Zaidan Farrosa Mukti, NIM.: 18106000024 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA-LIKE DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA-LIKE DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP)
18106000024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA-LIKE DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP)
18106000024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan sebuah studi yang dilakukan oleh OECD yang memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains dan matematis siswa berusia 15 tahun ke bawah. Soal PISA pada level tertinggi yaitu level 5 dan 6 digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif. Berpikir reflektif merupakan proses berpikir dengan sangat mendalam yang dapat menjadikan seseorang menjadi semakin yakin maupun semakin tidak yakin dengan solusi yang diperoleh untuk suatu permasalahan yang dihadapi. Salah satu kemampuan afektif yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir reflektif adalah disposisi matematis. Semakin baik disposisi matematis maka semakin baik pula kemampuan berpikir reflektifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal serupa PISA dengan meninjau dari disposisi matematisnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII A MTsN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes dan non tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar soal tes kemampuan berpikir reflektif, angket disposisi matematis, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan berpikir reflektif yang tinggi dan sedang. Siswa disposisi matematis tinggi telah mampu memenuhi indikator fase reacting, elaborating, dan contemplating dengan baik walaupun beberapa masih terkendala pada fase reacting. Siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan berpikir reflektif yang sedang juga karena masih terkendala pada fase reacting, namun mampu memenuhi indikator pada fase yang lain dengan baik walaupun kurang sistematis. Sebagian siswa dengan disposisi matematis rendah belum mampu memenuhi indikator pada fase reacting, elaborating, dan contemplating, sehingga kemampuan berpikir reflektifnya juga termasuk rendah. Ditemukan pula subjek dengan disposisi matematis rendah namun mampu memenuhi indikator pada fase reacting, elaborating, dan contemplating sehingga memiliki kemampuan berpikir reflektif yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Permatasari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Reflektif, Disposisi Matematis, PISA
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:44
Last Modified: 10 Nov 2022 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum