PROBLEMATIKA PENERJEMAHAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH TARJAMAH FAURIYYAH DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Amilatul Machfiyah, NIM.: 18104020051 (2022) PROBLEMATIKA PENERJEMAHAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH TARJAMAH FAURIYYAH DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENERJEMAHAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH TARJAMAH FAURIYYAH DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2021/2022)
18104020051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENERJEMAHAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH TARJAMAH FAURIYYAH DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2021/2022)
18104020051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan mahasiswa dalam menerjemah bahasa Arab secara langsung. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang problematika penerjemahan mahasiswa pada mata kuliah Tarjamah Fauriyyah di jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan mengetahui berbagai upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika penerjemahan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dan subyek penelitian ini yaitu dosen pengampu mata kuliah Tarjamah Fauriyyah dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Tarjamah Fauriyyah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Problematika penerjemahan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada mata kuliah Tarjamah Fauriyyah dari aspek linguistik adalah kurangnya penguasaan kaidah bahasa Arab, kurangnya penguasaan kosakata, kesulitan menyusun terjemahan ke dalam bahasa Indonesia, dan perkembangan bahasa, sedangkan dari aspek non-linguistik adalah perbedaan sosial-budaya, kurangnya pemahaman terhadap tema yang akan diterjemah, rasa enggan dan bosan saat menerjemah, dan tingkat kemampuan mahasiswa yang beragam. (2) Upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi problematika menerjemah yaitu mencari dan menulis arti kosakata yang belum diketahui, membaca teks-teks berbahasa Arab, menonton video-video berbahasa Arab, dan membiasakan latihan menerjemah secara mandiri. Sedangkan upaya yang dilakukan dosen yaitu, memerintahkan mahasiswa untuk mendiskusikan kosakata dalam teks bahasa Arab melalui aplikasi e-learning, menghimbau mahasiswa untuk berani menerjemah, mengajak mahasiswa untuk mengikuti seminar bahasa Arab dan memperbanyak latihan menerjemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penerjemahan, Bahasa Arab, Tarjamah Fauriyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:44
Last Modified: 10 Nov 2022 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum