MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER (P2P) LENDING (STUDI KASUS PADA PT. ALAMI FINTEK SHARIA)

Omiga Chabiba, NIM.: 19203012056 (2022) MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER (P2P) LENDING (STUDI KASUS PADA PT. ALAMI FINTEK SHARIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER (P2P) LENDING (STUDI KASUS PADA PT. ALAMI FINTEK SHARIA))
19203012056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER (P2P) LENDING (STUDI KASUS PADA PT. ALAMI FINTEK SHARIA))
19203012056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Financial technology syariah merupakan inovasi teknologi modern pada jasa keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan layanan keuangan berlandaskan prinsip syariah. Praktik pembiayaan financial technology yang dilakukan penyelenggara syariah berpotensi timbulnya risiko tertentu. Hal tersebut, perlu adanya mitigasi risiko yang diterapkan oleh penyelenggara melalui proses screnning di awal pembiayaan serta langkah mitigasi risiko yang efektif dan efisien untuk meminimalisir adanya risiko atau kerugian yang terjadi pada saat terdapat risiko. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisa deskriptif-kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan normatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan khusus pada bagian tim mitigasi risiko di PT. Alami Fintek Sharia. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggara PT. Alami Fintek Sharia telah menerapkan mitigasi risiko pada pembiayaan invoice financing dan ecosystem financing sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan Fatwa DSN-MUI Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 Tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah dengan terbebas dari unsur ribā, ghārar, dan maysir. Penerapan mitigasi risiko yang dilakukan PT. Alami Fintek Sharia mulai dari proses screnning calon pendana di awal pembiayaan hingga penerapan langkah mitigasi risiko pada saat terjadi risiko telah terbukti dapat menekan terjadinya risiko sampai hampir tidak ada dengan TKB 90.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Widyarini, M.M.
Uncontrolled Keywords: Financial Technology Syariah, Risiko Pembiayaan, Mitigasi Risiko.
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Nov 2022 13:55
Last Modified: 10 Nov 2022 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum