PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARIAH DAN GENDER (Studi Kasus di PT. URW Purworejo)

Ika Sugiarsih, NIM.: 18203011015 (2022) PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARIAH DAN GENDER (Studi Kasus di PT. URW Purworejo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪAH DAN GENDER (Studi Kasus di PT. URW Purworejo))
18203011015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF MAQĀṢID ASY-SYARĪAH DAN GENDER (Studi Kasus di PT. URW Purworejo))
18203011015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Faktor ekonomi keluarga yang rendah membuat perempuan memutuskan untuk mengambil peran sebagai perempuan yang bekerja. Perempuan yang bekerja di PT. URW Purworejo, terlibat di sektor industri dihadapkan pada dua tuntutan peran, yaitu peran sebagai ibu rumah tangga dan juga peran sebagai pencari nafkah. Dalam penelitian ini menggunakan kerangka teori beban ganda, maqasid asysyariah Ibnu ‘Asyur, dan gender Husein Muhammad. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis. Subyek penelitian ini adalah para perempuan yang bekerja di PT. URW Purworejo, adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara terhadap 10 informan. Hasil penelitian ini : (1) faktor ekonomi yang berupa suami yang berpenghasilan rendah, banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, membantu meringankan perekonomian keluarga dan membiayai pendidikan anak-anak sehingga perempuan memutuskan untuk bekerja setelah mendapatkan izin dari suaminya. Perempuan mengambil peran sebagai pekerja dengan syarat mendapatkan izin suaminya, yang mana peran perempuan pekerja bertujuan meringankan beban suami dalam mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Sehingga, terjadi kerjasama antara istri dan suami dalam melaksanakan tugas domestik (sharing burden). Meskipun begitu, terdapat beban ganda yang terjadi pada salah satu responden, dimana perempuan pekerja bekerja untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya, namun suami tidak turut serta membantunya dalam tugas-tugas domestik. (2) Praktik peran perempuan bekerja di PT. URW Purworejo termasuk kedalam maqāsid asy-syarῑah alkhassah termasuk dalam rumpun hukum distribusi harta (at-taṣarrufāt al-māliyah) untuk mendistribusikan harta yang tepat bagi keluarganya. (3) praktik peran perempuan bekerja di PT. URW Purworejo dalam meningkatkan ekonomi keluarga ini selaras dengan konsep gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Susiknan Azhari.
Uncontrolled Keywords: Perempuan Bekerja, Maqasid asy-Syari’ah, Gender
Subjects: Ilmu Syariah
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 11 Nov 2022 14:03
Last Modified: 11 Nov 2022 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum