PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X B MAN TEMPEL YOGYAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

TOHA NASRUDDIN - NIM. 04451078, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X B MAN TEMPEL YOGYAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X B MAN TEMPEL YOGYAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (882kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X B MAN TEMPEL YOGYAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X B MAN Tempel dalam meningkatkan Partisipasi dan Prestasi belajar biologi pada materi Keanekaragaman Hayati. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X B MAN Tempel Tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar soal pre test dan post test siklus I dan siklus II. Data pre test dan post test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus II dengan nilai rata-rata post test siklus I. Hasil penelitian menunjukan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X B MAN Tempel dapat meningkatkan Partisipasi dan Prestasi belajar siswa dengan peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 1,51.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Keanekaragaman Hayati,
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2013 16:16
Last Modified: 02 Mar 2016 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum