PESAN DAKWAH DALAM BAIT-BAIT SYIIRAN KIAI-KIAI : STUDI ANALISIS LSI PESAN SYIIRAN KIAI-KIAI YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA)

Elok Faiqoh, NIM. 98212535 (2003) PESAN DAKWAH DALAM BAIT-BAIT SYIIRAN KIAI-KIAI : STUDI ANALISIS LSI PESAN SYIIRAN KIAI-KIAI YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN DAKWAH DALAM BAIT-BAIT SYIIRAN KIAI-KIAI : STUDI ANALISIS LSI PESAN SYIIRAN KIAI-KIAI YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA))
98212535_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PESAN DAKWAH DALAM BAIT-BAIT SYIIRAN KIAI-KIAI : STUDI ANALISIS LSI PESAN SYIIRAN KIAI-KIAI YAYASAN KODAMA YOGYAKARTA))
98212535_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Materi yang terkandung dalam Syiiran Kiai-Kiai temyata sarat dengan muatan-muatan lslamiyahnya yang mana dalam penulisannya menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Jawa karena menyesuaikan dengan konsumen syi'ir tersebut yaitu Masyarakat Jawa dan penulisannyapun memakai bahasa-bahasa sederhana agar mudah dicema dan difahami oleh masyarakat kalangan bawah. lsi pesan dalam Syiiran Kiai-Kiai tersebut mengandung materi dakwah berupa masalah keimanan (akidah), masalah keislaman (syari'ah) dan masalah budi pekerti (akhlakul karimah). Adapun jumlah syiir yang memuat pesan akidah adalah 7 buah syi'ir, 12 syi'ir termasuk dalam pesan syari'ah dan 25 syi'ir tem1asuk dalarn pesan akhlak, sehingga dalam Syiiran Kiai-Kiai lebih dorninan pesan isiinya tentang akhlak, kemudian diikuti pesan syari'ah dan pesan akidah. Atau dengan kata lain 50% rnateri dalam Syiiran K.iai-Kiai adalah berisi pesan akhlak, 24% berisi pesan syari'ah dan 12 % berisi pesan akidah. Hal ini dikarenakan pesan akhlak merupakan pesan ajaran agama yang dapat dcngun mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat kalangan bawah dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan akhlak itulah manusia akan menempati posisi yang paling utama di antara semua makhluk (ahsani taqwim).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sukriyanto, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Bait-Bait Syiiran Kiai-Kiai , Yayasan KODAMA
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Nov 2022 10:11
Last Modified: 08 Nov 2022 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum