HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM ACARA TAUSYAH SUBUH RADIO CITRA 98.8 FM DENGAN KEBERAGAMAAN KOMUNITAS FANS RADIO WONOSOBO

Tri Handoyo, NIM.: 08210086 (2012) HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM ACARA TAUSYAH SUBUH RADIO CITRA 98.8 FM DENGAN KEBERAGAMAAN KOMUNITAS FANS RADIO WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM ACARA TAUSYAH SUBUH RADIO CITRA 98.8 FM DENGAN KEBERAGAMAAN KOMUNITAS FANS RADIO WONOSOBO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MENGIKUTI PROGRAM ACARA TAUSYAH SUBUH RADIO CITRA 98.8 FM DENGAN KEBERAGAMAAN KOMUNITAS FANS RADIO WONOSOBO)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat berdampak pada semua sektor, salah satunya dalam agama adalah dalam bidang dakwah. Dakwah dalam hal ini menggunkan media komunikasi yang berbentuk Audio (Radio), hal ini dipilih karena penulis melihat adanya banyak persaingan media komunikasi ditengah maraknya teknologi terbaru. Sementara itu media radio merupakan media yang sudah lama dipakai sebagai alat komunikasi, lantas timbul keingin tahuan penulis bagaimanakah minat masyarakat terhadap program acara dakwah di radio. Radio Citra FM sebagai acuan dalam penelitian ini karena Radio tersebut menyiarkan program acara dakwah dengan nama tausyah subuh, ditayangkan pada pukul 05.00 s/d 06.00 tidak ada jeda iklan. Model penyampaian cermah dan interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis deskriptif kuantitatif, dengan metode survey. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner kemudian didukung dengan pengambilan data dengan wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini dinamakan populasi sample atau community research, berjumlah 90 orang. Mereka adalah anggota dan pengurus komunitas fans radio Wonosobo baik aktif ataupun pasif. Penelitian ini terletak dikabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis bivariat kendall’s Tau, dimana analisis ini melihat dua hubungan antara variabel bebas dan terikat. Variabel bebas yaitu mengikuti program acara tausyah subuh dan terikat yaitu keberagamaan komunitas fans radio wonosobo. Dalam analisis keberagamaan penulis mengunakan prinsip teori glock dan stark yang membagi keberagamaan menjadi lima dimensi, yaitu keyakinan, peribadatan, pengetahuan, pengalaman dan perilaku. Ternyata hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak semua dimensi tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan, hanya pada dimensi perilaku, pengetahuan dan pengalaman saja. Selanjutnya dari hal tersebut dapat menjawab hipotesis penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara mengikuti program acara tausyah subuh dengan keberagamaan komunitas fans radio Wonosobo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tausyah Subuh, Keberagamaan, Program Acara Radio
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2022 15:17
Last Modified: 08 Nov 2022 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum