NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII SMA

Muhammad Syahdan Majid, NIM.: 20204011036 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII SMA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII SMA)
20204011036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII SMA)
20204011036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah ini berawal dari konflik masyarakat yaitu konflik SARA dan teror bom yang dilakukan oleh seorang pemuda yang berusia 25 tahun. Disamping itu pelaku konflik atau teror terjadi pada remaja seperti pelaku bom teror, bahkan dia sudah terindikasi memasuki kelompok teroris saat berusia 18 tahun. Apabila dilihat dari jenjang pendidikannya pelaku tersebut berada pada usia SMA kelas akhir. Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk mengkaji apakah pendidikan agama yang diajarkan pada siswa sudah banyak mengandung nilai-nilai multikultural sebab salah satu cara untuk mengantisipasi seseorang bergerak untuk melakukan teror yaitu melalui sikap-sikap intoleran. Tujuan dari penelitian ini antara lain: pertama, untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII SMA. Kedua untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, melalui metode ini penulis menganalisis, mendeskripsikan, serta menafsirkan materi yang terkandung dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti. Adapun pendeketan yang digunakan adalah pendeketan filosofis rasionalis, melalui pendekatan ini penulis mendalami materi yang terkandung dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti. Adapun teknik pengumpulan data adalah dokumentasi yaitu penulis mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian seperti buku PAI dan Budi Pekerti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama nilai-nilai yang terkandung dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti Kelas XII SMA antara lain nilai toleransi, nilai demokrasi dan keadilan, dan nilai kesamaan atau kesetaraan. Kedua, kelebihan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII SMA adalah mencakup 3 nilai multikultural, nilai multikultural terletak pada gambar dalam materi, dan sudah mencakup seluruh aspek studi Islam. Adapun kekurangan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII SMA adalah kandungan nilai multikultural masih sedikit, nilai multikultural yang terkandung belum dijelaskan secara detail, dan pada bagian teori belum memberikan sudut pandang yang jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi, S.Ag., M.Si.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:54
Last Modified: 14 Nov 2022 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum