USAHA KONVEKSI BATIK (STUDI PERUBAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT DUSUN MLANGI, SLEMAN)

Ulil Amri, NIM.: 07230031 (2012) USAHA KONVEKSI BATIK (STUDI PERUBAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT DUSUN MLANGI, SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA KONVEKSI BATIK (STUDI PERUBAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT DUSUN MLANGI, SLEMAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (USAHA KONVEKSI BATIK (STUDI PERUBAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT DUSUN MLANGI, SLEMAN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perubahan sosial yang dilakukan oleh para pelaku usaha konveksi batik di Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari para pelaku usaha konveksi batik Mlangi, karyawan dan warga masyarakat Mlangi. Pemilihan informan sebagai subjek penelitian dilakukan dengan cara Kay Informan yaitu dengan memilih tohok-tokoh kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian menemukan bahwa dinamika usaha konveksi batik Mlangi dapat dilihat dari muncul pola-pola perilaku yang terbentuk dan digunakan untuk mengatasi masalah yang langsung ditemui dalam menjalankan usaha Pertama, modal, pada umumnya pengusaha konveksi Mlangi memulai usaha dengan modal (uang) milik pribadi, sebagian mereka, ada modal yang merupakan tabungan yang dikumpulkan dari hasil kerja sebelumnya. Selanjutnya dalam mengembangkan usaha, sebagian kecil dari mereka mendapatkan bantuan modal dari bank, lembaga pemerintah atau instansi tertentu. Namun demikian, kebanyakan belum pernah mendapatkan bantuan modal disebabkan karena tiadanya agunan, belum dimilikinya izin usaha (HO), dan sebagainya. Bagi mereka yang belum memiliki peralatan produksi (mesin jahit) dapat diatasi dengan menyewa. Kedua, dalam melakukan proses produksi, pengusaha konveksi Mlangi melakukan beberapa tindakan survei pasar dilakukan untuk mengetahui sasaran konsumen/pasar yang membutuhkan konveksi Mlangi, dengan melihat-lihat atau bertanya kepada pedagang, model yang sedang digemari konsumen di pasar. Ketiga, kualitas produk. Pada umumnya hasil produksi konveksi Mlangi tergolong jenis konveksi “kasar”, karena itu jarang dijual di toko/art shop. Pengusaha konfeksi tidak banyak yang menitipkan di toko disebabkan biasanya pembayarannya memakai cara konsinyasi, yaitu pembayaran barang yang telah laku dilaksanakan satu bulan terhitung sejak barang diterima pihak toko dan barang yang tidak laku dapat dikembalikan kepada pengusaha konveksi. Keempat, Dalam perubahan sosial di masyarakat Mlangi, Konveksi batik mempunyai peran terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat terutama pada penumbuhan nilai-nilai kewirausahaan dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Dinanika Usaha, Perubahan Sosial, Ekonomi Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 10:54
Last Modified: 09 Nov 2022 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum