ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011

Vitra Ariningtyas, NIM.: 08210012 (2012) ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011)
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ASPEK DAN CITRA PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI TAHUN 2011)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

terdapat dalam iklan televisi tahun 2011. Iklan-iklan saat ini baik di media cetak, audio maupun visual lebih menekankan unsur pencitraan dalam mempromosikan produk ketimbang promosi produk itu sendiri. Sehingga citra yang disajikan memberikan pengaruh tersendiri bagi model iklan dimata pemirsa. Posisi perempuan muslim dalam iklan ini berada sebagai obyek pertama, yaitu sebagai model iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra perempuan muslim yang ditampilkan oleh pengiklan dan aspek yang digunaka pengiklan dalam menampilkan perempuan muslim dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang digunakan dalam iklan tersebut untuk mencitrakan perempuan muslim. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan ilmu dan teori-teori komunikasi serta dapat menambah pengetahuan dan menjadi masukan bagi pihak agensi periklanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotik Charles S. Peirce yaitu teori segi tiga makna sebagai teknik analisis data. Berdasarkan analisis penelitian dengan pendekatan semiotik Charles S. Peirce maka dapat disimpulkan bahwa dalam visualisasi iklan televisi tahun 2011, terdapat aspek perempuan muslim yang digunakan untuk mempromosikan produk, yaitu aspek pakaian. Kemudian dari penelitian ini juga didapat beberapa citra yang ditekankan pengiklan kepada perempuan muslim sebagai model iklan yaitu yang pertama citra sopan dan lembut saat bicara. Perempuan muslim ditampilkan sebagai sosok yang berperilaku sopan dan bertutur kata lembut. Kedua, citra akhlak yang baik. Pada citra ini perempuan muslim dihadirkan dengan pribadi yang baik seperti yang diajarkan Rasulullah saw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, Perempuan, Promosi Produk
Subjects: Gender
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:28
Last Modified: 09 Nov 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum