PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TRANSFUSI DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) CABANG KOTA YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MANAJEMEN IMPLEMENTASI)

Yayuk Nur Maftuhah, NIM.: 08230009 (2012) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TRANSFUSI DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) CABANG KOTA YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MANAJEMEN IMPLEMENTASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TRANSFUSI DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) CABANG KOTA YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MANAJEMEN IMPLEMENTASI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM TRANSFUSI DARAH DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI) CABANG KOTA YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MANAJEMEN IMPLEMENTASI))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk memberdayakan sumber daya manusia melalui : penyuluhan, pendampingan dan pelayanan. Sedangkan Palang Merah Indonesia (PMI) adalah lembaga yang bergerak pada kemanusiaan. Proses pemberdayaan cenderung dikaitkan sebagai unsur pendorong sosial dalam kegiatan transfusi darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Yogyakarta. dalam pemberdayaan lewat transfusi darah di harapkan adanya kesadaran masyarakat, partisipasi dan solidaritas masyarakat untuk membantu terhadap sesamanya. Manajemen implementasi digunakan untuk meningkatkan efektifitas program dalam suatu organisasi. Maka manajemen akan memegang kendali dalam pemberdayaan masyarakat melalui transfusi darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan diskriptif-kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, mengenai pemberdayaan masyarakat melalui Program Transfusi Darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Yogyakarta (Studi tentang Manajemen Implementasi). Dalam pemberdayaan masyarakat melalui Program Transfusi Darah menerapkan 4 fungsi dalam manajemen implementasinya yaitu perencanaan (planning) program transfusi darah UTD menggunakan sistem musyawarah bersama antar pengurus, pengorganisasian (organizing) dilakukan sangat terorganisir dan sistematis dengan cara pembagian tugas antar pengurus, penggerakan (actuating) program transfusi darah dilakukan bagian P2D2S (pencarian pelestarian donor darah sukarela) dan pengawasan (controlling) baik program transfusi darah, aftap dan komponen dan distribusi, uji saring (serologi), IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) serta quality control dilakukan oleh dilakukan staf medis sebagai anggota UTD (Unit Transfusi Darah) yang bertanggung jawab kepada kepala UTD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suyanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Transfusi Darah, PMI Cabang Kota Yogyakarta
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 11:32
Last Modified: 09 Nov 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum