MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) MTsN MODEL KEBUMEN 1

Hudatul Umam Habibi, S. Pd. I, NIM.: 102231167 (2012) MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) MTsN MODEL KEBUMEN 1. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) MTsN MODEL KEBUMEN 1)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) MTsN MODEL KEBUMEN 1)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Bagaimanakah manajemen strategis yang diterapkan program Full Day School MTsN Model Kebumen 1, 2) Bagaimana hasil yang dicapai Program Full Day School MTsN Model Kebumen 1 melalui manajemen strategis, dan 3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Program Full Day School MTsN Model Kebumen 1. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Model Kebumen 1, menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dokumentasi dan terapi triangulasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai bulan Desember 2011 sampai dengan bulan Mei 2012 di MTsN Model Kebumen 1. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Proses analisis dilakukan sejak diperolehnya data sampai selesainya penulisan laporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan manajemen strategis Program Full Day School MTsN Model Kebumen 1 meliputi pengorganisasian program, perumusan visi, misi dan nilai-nilai, rencana strategis yang meliputi Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan sukses UN, sistem pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan serta pengukuran dan evaluasi kinerja. 2) Hasil yang diperoleh Program Full Day School MTsN Model Kebumen 1 memuat dua hal yang membanggakan yakni prestasi akademik dan non akademik beserta perinciannya. Selain itu dirinci berbagai prestasi akademik dan non akademik yang pernah diraih madrasah selama lima tahun terakhir, prestasi Ujian Nasional yang meningkat tajam, serta banyaknya peserta didik lulusan 2011 yang melanjutkan ke SLTA favorit. 3) Faktor pendukung Program Full Day School MTsN Model Kebumen 1 dapat terdeteksi menjadi 23 poin antara lain adanya perlakuan khusus dari pihak manajemen terhadap kelas Full Day School, pengelolaan kelas dan fasilitas yang baik dan terjaga, adanya Guru Pendamping yang selalu siap membantu dan lain-lain. Adapun faktor penghambat Program Full Day School dapat ditemukan menjadi 22 poin antara lain masih adanya beberapa siswa yang prestasi akademiknya dibawah Program Reguler, pembiasaan penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab tidak berjalan optimal dan masih jauh dari harapan, masih adanya keraguan yang terdengar dari sebagian masyarakat terhadap Program Full Day School dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Manajemen Pendidikan, Program Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2022 13:48
Last Modified: 09 Nov 2022 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum