KONTRIBUSI FILANTROPI ISLAM DALAM MENGURANGI KRISIS EKONOMI DI MASA PANDEMI (Studi Pada : Yatim Mandiri Kota Mojokerto)

Annisa Kurnia Rahma, NIM.: 18105040022 (2022) KONTRIBUSI FILANTROPI ISLAM DALAM MENGURANGI KRISIS EKONOMI DI MASA PANDEMI (Studi Pada : Yatim Mandiri Kota Mojokerto). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI FILANTROPI ISLAM DALAM MENGURANGI KRISIS EKONOMI DI MASA PANDEMI (Studi Pada : Yatim Mandiri Kota Mojokerto))
18105040022_BAB-I_sampai_BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI FILANTROPI ISLAM DALAM MENGURANGI KRISIS EKONOMI DI MASA PANDEMI (Studi Pada : Yatim Mandiri Kota Mojokerto))
18105040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik filantropi ditemukan sebagai tradisi dibeberapa agama, salah satunya dalam agama Islam. Praktik filantropi dalam Islam direpresentasikan dengan membayar zakat, seiring berkembangnya zaman, filantropi dapat dikelola dengan baik melalui lembaga filantropi Islam, salah satunya adalah Yatim Mandiri. Yatim Mandiri sebagai lembaga filantropi Islam selain dapat menjadi jembatan agar meningkatkan taraf hidup masyarakat prasejahtera, juga dapat memberikan kontribusi dalam krisis ekonomi di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, yang dilakukan di Yatim Mandiri Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu para staf Yatim Mandiri Kota Mojokerto, beberapa penerima manfaat dan donatur. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah jurnal, buku, data kependudukan, data geografis, data pendidikan, dan website resmi Yatim Mandiri. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan sosiologi agama dengan menggunakan analisis teori filantropi Islam, dan teori pemberdayaan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama Yatim Mandiri Kota Mojokerto mampu merespon adanya krisis ekonomi di masa pandemi. Respon terhadap krisis ekonomi di masa pandemi diwujudkan dengan bentuk bantuaan dan program, dengan menggunakan konsep filantropi tradisional dan filantropi modern. Kedua, Yatim Mandiri Kota Mojokerto memberikan kontribusi pada saat pandemi melalui berbagai bidang, yaitu dalam bidang pangan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, hingga kemanusiaan. Kontribusi tersebut dilakukan guna mengoptimalisasi pemberian bantuan, agar masyarakat yang terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan yang tepat. Yatim Mandiri Kota Mojokerto juga bersinergi dengan pemerintah Kota Mojokerto, sehingga bantuan dapat tepat sasaran, merata, dan tidak terjadi timpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ratna Istriyani
Uncontrolled Keywords: Filantropi, Krisis Ekonomi, Pemberdayaan.
Subjects: Sosiologi Agama
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:58
Last Modified: 14 Nov 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum