REPRESENTASI ISLAMISME DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS ATAS CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE PADA CERAMAH “JEJAK ISLAM DI NUSANTARA PART 1 DAN 2”

M. Shamil Gifari Bashayev, NIM.: 18105040009 (2022) REPRESENTASI ISLAMISME DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS ATAS CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE PADA CERAMAH “JEJAK ISLAM DI NUSANTARA PART 1 DAN 2”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI ISLAMISME DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS ATAS CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE PADA CERAMAH “JEJAK ISLAM DI NUSANTARA PART 1 DAN 2”)
18105040009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI ISLAMISME DI MEDIA SOSIAL : ANALISIS ATAS CERAMAH USTADZ ADI HIDAYAT DI YOUTUBE PADA CERAMAH “JEJAK ISLAM DI NUSANTARA PART 1 DAN 2”)
18105040009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan islamisme pada tahun 1934 menandakan bahwa ada sebagian kelompok umat Islam pada zaman itu yang menginginkan perubahan dari segi politik. Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah penganut Islam terbesar di dunia tentu saja tidak mungkin terlepas dari penyebarluasan ideologi ini, salah satu da’i yang memiliki kedekatan dengan perkembangan islamisme di Indonesia adalah Adi Hidayat yang merupakan seorang da’i terkenal dalam dunia dakwah di Indonesia. Kehadiran Adi Hidayat disini sebagai seseorang yang mempunyai relasi dengan perkembangan islamisme di Indonesia menjadikan dia sebagai obyek penelitian utama dengan ceramahnya mengenai sejarah Islam di nusantara yang bisa ditemukan di media sosial youtube. Maka dari itu, fokus pembahasan dalam penelitian ini akan membahas mengenai isi dari ceramah Adi Hidayat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data yang terbagi atas dua sumber, primer (observasi video ceramah Adi Hidayat di youtube) dan sekunder (tulisan-tulisan atau artikel yang merujuk pada representasi, analisis wacana kritis, Adi Hidayat, dan islamisme) yang melalui proses netnografi. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa : pertama peneliti berhasil memaparkan isi dari ceramah Adi Hidayat dan kedua dari pemaparan itu, peneliti menyatakan bahwa Adi Hidayat melalui ceramahnya yang berjudul “Jejak Islam di Nusantara” bagian 1 dan bagian 2 yang di unggah di media sosial youtube milik akun “wasilah” pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2017 mengandung pesan-pesan ajakan kepada islamisme yang disampaikan secara tersirat. Pesan ini terungkap oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis wacana kritis milik Roger Fowler yang di formulasikan kedalam ceramah untuk menganalisa pilihan diksi dalam kalimat-kalimat yang diucapkan oleh Adi Hidayat dalam ceramahnya. Representasi yang dipraktekkan Adi Hidayat melalui ceramahnya dengan menggunakan diksi-diksi tertentu merupakan bentuk konkret dari adanya islamisme, sehingga diperlukan bentuk nyata partisipasi aktif dari intelektual dalam menghindari miskonsepsi pemikiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Bapak M. Yaser Arafat, M.A.
Uncontrolled Keywords: Adi Hidayat, Islamisme, Analisis Wacana Kritis, Representasi.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Nov 2022 09:58
Last Modified: 14 Nov 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum