Damar Jati Nugroho, NIM.: 21104040030 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA LOKAL CANDI KEDULAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA LOKAL CANDI KEDULAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP)
21104040030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA LOKAL CANDI KEDULAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP)
21104040030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah berkonteks budaya lokal Candi Kedulan dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP serta besar efektivitas pembelajaran berbasis masalah berkonteks budaya lokal candi kedulan dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran berbasis masalah berkonteks budaya lokal Candi Kedulan dan satu variabel terikat berupa kemampuan koneksi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kalasan dengan sampel penelitian terdiri dari yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol mewakili populasi penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretest dan posttest kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berkonteks budaya lokal Candi Kedulan lebih efektif dan memiliki efek besar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis effect size diperoleh nilai 2,303 diketahui bahwa pembelajaran berbasis masalah berkonteks budaya lokal Candi Kedulan memiliki efek besar dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, budaya lokal candi kedulan, dan kemampuan koneksi matematis
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah, budaya lokal candi kedulan, dan kemampuan koneksi matematis |
| Subjects: | Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:15 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 16:02 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54934 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
