KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam dan Komunitas Konghucu di Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta

Ach Nufil, NIM.: 18105020071 (2022) KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam dan Komunitas Konghucu di Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam dan Komunitas Konghucu di Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta)
18105020071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA: Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Islam dan Komunitas Konghucu di Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta)
18105020071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari keingin tahuan peneliti yang begitu besar tentang kerukunan umat beragama di kelurahan Cokrodiningratan dengan mayoritas umat muslim, tetapi terdapat Klenteng Tjen Ling Kiong Tua berada di tengah-tengah Kota menghadap ke selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan beberapa rumusan masalah yakni bagaimana pemahaman masyarakat tentang kerukunan beragama, serta bagaimana terjadinya kerukunan antar umat beragama seperti pemeluk Konghucu dan pemeluk Islam. Diikuti dengan beberapa tujuan penelitian yaitu agar mengetahui pemahaman masyarakat tentang hidup rukun berdampingan, dan juga untuk mengetahui bagaimana penyebab terjadinya kerukunan antar pemeluk agama yakni Konghucu dan Islam di Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pemerolehan sumber data dari data primer (secara langsung) yang mana data tersebut merupakan hasil dari field research (penelitian lapangan) serta kajian literatur lainnya yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan sosiologi serta pisau analisis teori fungsional struktural perspektif Talcott Parsons yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena atau keadaan kerukunan masyarakat di kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu, yang pertama: adanya landasan ajaran dari masing-masing agama yang mengajarkan tentang rasa saling mengasihi dan menghormati antar umat beragama, adanya norma-norma yang berlaku dalam masyarakat Jawa seperti: etika, prinsip rukun dan prinsip hormat, tingkat pendidikan dan perekonomian masyarakat yang berada dalam kalangan menengah keatas, dan adanya undang-undang yang menjamin kemerdekaan penduduk untuk memeluk agama masing-masing, demi terciptanya masyarakat yang hidup dalam kerukunan sebagaimana tergambar dari kegotong royongan mereka ketika menjenguk orang sakit, melayat, menghadiri acara pernikahan, kelahiran bayi, dan sebagainya. Kedua, mereka menerapkan ajaran-ajaran agama dan etika atau kaidah dasar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari pertanyaan perayaan hari besar agama Islam dan agama Konghucu di Kelurahan Cokrodiningratan tanpa membedakan agama (adaptation). Adanya rasa patuh yang diberikan masyarakat kepada pemimpin yang berbeda agama, menunjukkan adanya sikap tunduk demi mencapai tujuan bersama (goal attainment). Dengan adanya pembauran satu dengan lainnya, maka masyarakat dapat meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama (integration). Meskipun mereka melebur, tetapi dalam diri masing-masing tetap ada sesuatu yang dipertahankan dalam dirinya (lattentpattern maintenence) yaitu prinsip agama yang diyakini dan norma budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial Umat Islam dan Komunitas Konghucu
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 Nov 2022 14:18
Last Modified: 14 Nov 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum