PENGARUH AJARAN WEWARAH TUJUH TERHADAP ETOS KERJA PENGHAYAT KEPERCAYAAN SAPTA DARMA (Studi Kasus: Penghayat Sapta Darma Di Sanggar Candi Sapta Rengga Yogyakarta)

Muhamad Ridwan, NIM.: 18105020029 (2022) PENGARUH AJARAN WEWARAH TUJUH TERHADAP ETOS KERJA PENGHAYAT KEPERCAYAAN SAPTA DARMA (Studi Kasus: Penghayat Sapta Darma Di Sanggar Candi Sapta Rengga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH AJARAN WEWARAH TUJUH TERHADAP ETOS KERJA PENGHAYAT KEPERCAYAAN SAPTA DARMA (Studi Kasus: Penghayat Sapta Darma Di Sanggar Candi Sapta Rengga Yogyakarta))
18105020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH AJARAN WEWARAH TUJUH TERHADAP ETOS KERJA PENGHAYAT KEPERCAYAAN SAPTA DARMA (Studi Kasus: Penghayat Sapta Darma Di Sanggar Candi Sapta Rengga Yogyakarta))
18105020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indoensia merupakan salah satu negara yang majemuk. Hal ini dapat dilihat dari berbagai hal seperti, ragam bahasa, budaya, adat istiadat, agama, bahkan aliran-aliran kepercayaan pun ada di negara Indonesia ini. Yogyakarta salah satu provinsi yang masih begitu kental dengan keragaman Budayanya, tidak jarang banyak festival-festival yang di selenggarakan di berbagai sudut kota Yogyakarta. Sebagai salah satu pusat pendidikan, kota Yogyakarta juga sering kali di datangi oleh orang-orang di luar kota bahkan di luar pulau hanya untuk mencari ilmu. Di tengah tengah kemajemukan di Indonesia khusus nya di Yogyakarta, ada sebuah kepercayaan yang mereka menyebutnya dengan sebutan Sapta Darma. Sapta berarti tujuh (7) sedangkan Darma berarti kewajiban suci. Bisa disimpulkan bahwa kepercayaan Sapta Darma ini memiliki tujuh kewajiban atau tujuh ajaran yang misti di jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu kewajiban kepada Tuhan, kepada Negara, kepada masyarakat ataupun kepada diri sendiri. Kewajiban tersebut dinamakan wewarah tujuh atau jika dalam bahasa Jawa wewarah pitu. Selain dari wewarah tujuh ada juga ajaran ajaran dalam Sapta Darma lainnya, seperti sujud, racut, simbol pribadi manusia, dan juga Sesanti. Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya yaitu dengan metode, observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Selain itu penulis juga mengambil beberapa sumber dari buku ataupun tulisan yang relevan dengan penulisan ini. Penelitian yang dilakukan penulis ini dimaksudkan menjelaskan relasi bagaimana ajaran-ajaran yang sudah di kemukakan diatas dalam membentuk sebuah tindakan baik itu tindakan tradisional, tindakan afektif, tindakan berorientasi nilai ataupun tindakan berorientasi tujuan,. Selain itu penulis merinci bagaimana pengaruh dari ajaran wewarah tujuh Sapta darma terhadap etos kerja nya penganutnya. Dengan menggunakan teori yang di kemukakan oleh Webber. weber berfokus pada pengaruh keyakinan agama terhadap melakukan sebuah tindakan. Sehingga dihasilkan kesimpulan bahwa, pada dasarnya setiap warga Sapta Darma memiliki varian dalam menjalankan kewajiban nya. Dalam pandangan mereka ajaran wewarah tujuh ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam menjalani kehidupan, karena di dalamnya mengandung nilai-nilai ketuhanan, bernegara, bekerja, dan juga berhubungan sosial. Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sudah selayaknya seorang warga melakukan sebuah pekerjaan dalam rangka mencukupi segala kebutuhan sehari-harinya, kemudian dalam pandangan warga Sapta Darma kerja merupakan sesuatu yang sangat penting karena dalam pandangan mereka bekerja sama pentimgnya dengan beribadah. Oleh karena itu ketika mereka bekerja, mereka akan senantiasa melakukan yang terbaik. Kemudian dari ajaran wewarah tujuh ini membentuk seseorang dalam hal keimnanan warga Sapta Darma yang kemudian mempengaruhi apa yang dikerjakan oleh warga Sapta Darma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rahmat Fajri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sapta Darma, Etos Kerja
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:16
Last Modified: 15 Nov 2022 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum