EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS

Prasetya Dewi Anjarsari, NIM.: 07600034 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 WANGON-BANYUMAS)
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1).Efektivitas pembelajaran melalui metode make a match dibandingkan dengan metode konvensional terhadap keaktifan belajar, 2).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match terhadap pemahaman konsep, 3).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan metode konvensioanl terhadap keaktifan belajar, 4).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode scramble dibandingkan dengan metode konvensional terhadap pemahaman konsep, 5).Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap keaktifan belajar, 6). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode make a match dibandingkan dengan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebas berupa metode make a match, metode scramble, dan metode konvensional, serta variabel terikat yang berupa keaktifan belajar dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs ma’arif NU 1 Wangon tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilanjutkan dengan simple random sampling, diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII G sebagai kelas eskperimen 2, dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova yang dilanjutka dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 2). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 3). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 4). Pembelajaran matematika melalui metode scramble lebih efektif dibandingkan metode konvensional terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,044 < 0,05. 5). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap keaktifan belajar. Hal ini berdasarkan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,005 < 0,05. 6). Pembelajaran matematika melalui metode make a match lebih efektif dibandingkan metode scramble terhadap pemahaman konsep. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji Tukey yang menunjukkan nilai Sig. 0,030 < 0,05. Kata kunci: Make a match, scramble, keaktifan belajar, keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Moch. Farhan Qudratullah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Make a match, Metode Scramble, Metode Konvensional
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 10:34
Last Modified: 10 Nov 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54954

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum