Relasi Metafisika dan Fisika Dalam Perspektif Baqir Shadr, Relevansi Dalam Memandang Agama (Studi Atas Pemikiran Baqir Shadr)

Andi Setiawati, NIM.: 18105010078 (2022) Relasi Metafisika dan Fisika Dalam Perspektif Baqir Shadr, Relevansi Dalam Memandang Agama (Studi Atas Pemikiran Baqir Shadr). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Relasi Metafisika dan Fisika Dalam Perspektif Baqir Shadr, Relevansi Dalam Memandang Agama (Studi Atas Pemikiran Baqir Shadr))
18105010078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Relasi Metafisika dan Fisika Dalam Perspektif Baqir Shadr, Relevansi Dalam Memandang Agama (Studi Atas Pemikiran Baqir Shadr))
18105010078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Metafisika merupakan sebab yang tidak terhubung langsung dengan material, sedangkan fisika ialah sebab material yang berhubungan langsung dengan objek atau solid. Metafisika dan fisika juga merupakan sebuah konsep yang berbeda, Sehingga penelitian ini berupaya melihat dan mendudukkan metafisika dan fisika yang saling berhubungan dengan menggunakan hukum kausalitas sebab akibat serta metode disposesi dalam kerangka penjelasan dan pijakan rasional ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pustaka (library research), dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis teori untuk dimanfaatkan sebagai pemandu terhadap fakta yang terjadi. Tulisan ini menjawab dua permasalahan mendasar : 1) apa yang dimaksud metafisika dan fisika dalam pandangan Baqir Shadr dan 2) bagaimana relevansi metafisika dan fisika dalam memandang Agama. Perihal yang coba didudukkan adalah urgensi posisi metafisika dan fisika sebagai hukum realitas, serta peninjauan terkait relevansi keduanya dengan metodologi disposesi. Penelitian ini juga mendudukkan struktur pemikirannya dalam kerangka teologis di sertai pengafirmasian secara ilmiah sehingga ide-ide atau pengalaman beragama dapat teridentifikasi secara fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Novian Widiadharma S.Fil., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Metafisika, Fisika, Disposesi, Rasional
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:23
Last Modified: 15 Nov 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum