KEBEBASAN ANAK PERSPEKTIF FILSAFAT KHUDI MUHAMMMAD IQBAL (Studi Kasus di Kelas B1 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul)

Fitri Budi Atika, NIM.: 18105010059 (2022) KEBEBASAN ANAK PERSPEKTIF FILSAFAT KHUDI MUHAMMMAD IQBAL (Studi Kasus di Kelas B1 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBEBASAN ANAK PERSPEKTIF FILSAFAT KHUDI MUHAMMMAD IQBAL (Studi Kasus di Kelas B1 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul))
18105010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBEBASAN ANAK PERSPEKTIF FILSAFAT KHUDI MUHAMMMAD IQBAL (Studi Kasus di Kelas B1 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul))
18105010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebebasan yang ada di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Pasalnya di usia anak yang masih masuk dalam periode emas, anak butuh dorongan dan dukungan dari pendidk ketika di sekolah untuk Kembangkan bakat dan potensi mereka. TKIT Salsablila Al-Muthi’in dalam pendidikannya sangat menanamkan nilai-nilai keislaman pada peserta didik. TKIT tersebut juga memberi anak lebih banyak kebebasan dalam hal pembelajaran yang berupa praktek. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana wujud kebebasan anak di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul dan menganalisis kebebasan anak menggunakan perspektif pemikiran filsafat khudi Muhammad Iqbal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari pelaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh dari wawancara langsung terhadap pihak-pihak terkait yaitu guru, kepala sekolah dan anak didik. Lalu data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data dalam hal ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisisis filosofis untuk mengungkapkan makna dan peran kebebasan anak mengguanakan perpspektif pemikiran filsafat khudi Muhammad Iqbal. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kebebasan anak di TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul, memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan konsep kebebasan yang digagas oleh Iqbal. Karena kebabasan menurut Iqbal adalah kebebasan yang masih dalam ruang etika, kebebasan tiap ego harus beriringan dengan tanggung jawab. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa kebebasan akan melahirkan kreativitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rizal Al Hamid, M.Si
Uncontrolled Keywords: TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul, Kebebasan, Muhammad Iqbal
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:24
Last Modified: 15 Nov 2022 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum