EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PENERAPAN “TANDUR” DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N SLEMAN KOTA

Risa Evitasari, NIM.: 07600002 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PENERAPAN “TANDUR” DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PENERAPAN “TANDUR” DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N SLEMAN KOTA)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PENERAPAN “TANDUR” DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N SLEMAN KOTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Keefektifan model pembelajaran quantum teaching melalui penerapan “TANDUR” dengan teknik talking stick daripada metode pembelajaran ekspositori dalam pemahaman konsep matematika peserta didik; (2). Keefektifan model pembelajaran quantum teaching melalui penerapan “TANDUR” dengan teknik talking stick daripada metode pembelajaran ekspositori dalam motivasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran quantum teaching melalui penerapan “TANDUR” dengan teknik talking stick, variabel terikat berupa pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik, dan variabel kontrol berupa materi, alokasi waktu dan guru mata pelajaran yang sama. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N Sleman Kota tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan subjek kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan: tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik inferensial. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu dengan data normal posttest ditinjau dari aspek pemahaman konsep dan data normal skor ditinjau dari aspek motivasi belajar peserta didik, ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 15 dan Ms. Excell 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji-t data post-test aspek pemahaman konsep matematika peserta didik adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (Ho ditolak) yang menunjukkan bahwa model quantum teaching melalui penerapan ”TANDUR” dengan teknik talking stick lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep peserta didik. Uji-t data angket aspek motivasi belajar matematika adalah 0,037 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (Ho ditolak) yang menunjukkan bahwa model quantum teaching melalui penerapan ”TANDUR” dengan teknik talking stick lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Edi Prajitno, M.Pd. dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, “TANDUR”, Talking Stick, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 11:44
Last Modified: 10 Nov 2022 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum