Risti Fiyana, NIM.: 08600076 (2012) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA PADA KELAS X INKLUSI DENGAN SISWA DIFABEL NETRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA PADA KELAS X INKLUSI DENGAN SISWA DIFABEL NETRA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA PADA KELAS X INKLUSI DENGAN SISWA DIFABEL NETRA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran menggunakan LKS dan siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran tanpa menggunakan LKS. Jika ada perbedaan peningkatan, untuk mengetahui profil perbedaan peningkatan tersebut. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan LKS dan variabel terikat berupa kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, XB sebagai kelas eksperimen dan XD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Instrumen penelitian ini adalah tes dan skala. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik inferensial. Data yang dianalisis adalah skor peningkatan (normalized gain). Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran menggunakan LKS dan siswa kelas inklusif dengan difabel netra melalui pembelajaran tanpa menggunakan LKS. Profil rata-rata peningkatan kemandirian belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol, dan persebaran skor peningkatan kemandirian belajar matematika kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol. Profil rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol, dan persebaran skor peningkatan pemahaman konsep matematika kelas kontrol lebih heterogen dari kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd dan Dr. Ibrahim, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, Matematika SMA, Sekolah Inklusi, Siswa Difabel Netra |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Inklusif Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 11:47 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 11:47 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54971 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |