EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR

Saiful Amri, NIM.: 07600079 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DIBANDING JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI DAN HASIL BELAJAR)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan jigsaw terhadap kemampuan presentasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di Kelas VII MTs N Lab. UIN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 semester genap pada pokok bahasan himpunan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest only control design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran matematika menggunakan metode STAD dan pembelajaran matematika menggunakan metode jigsaw, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika dan kemampuan presentasi siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 109 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas ekperimen yaitu kelas eksperimen 1 dengan jumlah 37 siswa, kelas eksperimen 2 dengan jumlah 35 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan posttest. Lembar observasi digunakan untuk mengukur kemampuan presentasi dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Kruskal- Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD lebih efektif dibanding pembelajaran dengan metode jigsaw terhadap kemampuan presentasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai sign.uji Mann-Whitney yang kurang dari 0,05, yaitu 0,000 < 0,05. Pada hasil belajar, hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa terdapat mean satu kelas sampel yang berbeda, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,009 < 0,05. Kemudian, dari hasil uji lanjut dengan Mann-Whitney terhadap kelas eksperimen 1 dan kontrol, terlihat bahwa metode STAD lebih efektif dibanding metode konvensional, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,005 < 0,05. Dari hasil uji Mann-Whitney terhadap kelas eksperimen 2 dan kontrol terlihat bahwa metode jigsaw tidak lebih efektif dibanding metode konvensional, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,252 > 0,05. Kemudian, dari hasil uji Mann-Whitney terhadap kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 terlihat bahwa metode STAD lebih efektif dibanding metode Jigsaw, ditunjukkan oleh nilai sign. 0,031 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Farhan Qudratullah, M.Si dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si.,M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Stad, Metode Jigsaw, Kemampuan Presentasi, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 14:18
Last Modified: 10 Nov 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum