PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA DALAM BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE

Fina Rohmania, NIM.: 17105040077 (2022) PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA DALAM BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA DALAM BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE)
17105040077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA UIN SUNAN KALIJAGA DALAM BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE)
17105040077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan yang terjadi di masyarakat dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi maupun ilmu pengetahuan yang banyak merubah pola hidup masyarakat. Kebiasaan masyarakat dari yang semula melakukan belanja secara konfeksional kini bergeser menjadi belanja online. Hal ini juga terjadi pada mahasisswa khususnya mahasiswa Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Shopee merupakan salah satu aplikasi belanja online yang digemari oleh masyarakat tak terkecuali mahasiswa. Penggunaan aplikasi shopee memberikan dampak dalam kehidupan mereka. Dampak tersebut berpengaruh terhadap kehidupan sosial maupun keagamaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perubahan sosial Max Weber. Ini berkaitan dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan mahasiswa pengguna aplikasi onlineshop Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan. Data tersebut didapat dari hasil wawancara melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan aplikasi shopee terhadap kehidupan sosial maupun keagamaan mahasiswa, baik dalam interaksi sosial mapun perilaku keagamaan, pengaruh tersebut disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam penggunaan aplikasi shopee, seperti kemudahan yang ditawarkan online shop mempengaruhi mahasiswa untuk terus berperilaku konsumtif, hal ini mempengaruhi terjadinya perubahan atau kebiasaan mahasiswa dalam beberapa aspek. Bukan hanya itu, dalam pemakanaan mengenai perilaku konsumtif juga mengalami pergeseran, hal tersebut didasari oleh faktor eksternal maupun internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial, Shopee, Perilaku Konsumtif
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Nov 2022 09:39
Last Modified: 15 Nov 2022 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum