PERTUMBUHAN BIT PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA PENAMBAHAN BERBAGAI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI

Samsul Aripin, NIM.: 07640043 (2012) PERTUMBUHAN BIT PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA PENAMBAHAN BERBAGAI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTUMBUHAN BIT PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA PENAMBAHAN BERBAGAI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERTUMBUHAN BIT PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca L.) PADA PENAMBAHAN BERBAGAI JENIS DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pisang ambon kuning merupakan pisang yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang sangat manis, warna daging buah kuning muda, harum dan agak lunak. Ekspor pisang termasuk pisang ambon kuning terus mengalami peningkatan setiap tahun. Peningkatan ini terjadi karena tingginya angka konsumsi di masyarakat. Besarnya kebutuhan pisang di masyarakat perlu diimbangi dengan pengembangan bibit yang lebih luas agar dapat memenuhi permintaan di pasaran. Salah satu upaya untuk pengadaan bibit pisang yang berkualitas serta dapat berproduksi maksimal adalah dengan metode belahan bonggol (bit). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sumber dan konsentrasi ZPT alami terbaik terhadap pertumbuhan bibit pisang ambon kuning (Musa paradisiaca L). Sumber ZPT alami untuk penelitian ini adalah air kelapa muda, bawang merah dan kecambah kacang hijau dengan berbagai konsentrasi yaitu 15%, 25% dan 35%. Data hasil pertumbuhan bibit pisang dianalisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut dengan DMRT untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa interaksi antara sumber dan konsentrasi ZPT alami hanya memberikan pengaruh nyata terhadap presentase bibit hidup. Perlakuan perendaman belahan bonggol dalam air kelapa muda mampu memberikan pertumbuhan bibit pisang yang paling baik pada semua parameter yaitu persentase bibit hidup, waktu muncul tunas, tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun luas daun, jumlah akar, dan panjang akar. Konsentrasi terbaik adalah pada konsentrasi 35% yang mampu menghasilkan pertumbuhan paling baik terhadap tiga parameter yaitu waktu muncul tunas, tinggi tanaman dan jumlah akar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anti Damayanti, S.Si., M.Mol.Bio.,
Uncontrolled Keywords: Pisang Ambon Kuning (Musa Paradisiaca L.), Belahan Bonggol (Bit), ZPT Alami
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 15:15
Last Modified: 10 Nov 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum