IMPLEMENTASI MODUL MULTIMEDIA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN

Siti Munjaenab, NIM.: 07680043 (2012) IMPLEMENTASI MODUL MULTIMEDIA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODUL MULTIMEDIA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODUL MULTIMEDIA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penggunaan modul multimedia berbasis web pada proses pembelajaran biologi di kelas XI IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan (IP), 2) peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Taman Madya IP dengan menggunakan modul multimedia berbasis web pada materi sistem reproduksi manusia, 3) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Taman Madya IP dengan menggunakan modul multimedia berbasis web pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ CAR). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Taman Madya IP tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata motivasi belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran menggunakan modul multimedia berbasis web dapat terlaksana di kelas XI IPA SMA Taman Madya IP, 2) penggunaan modul multimedia berbasis web dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 34% pada siklus II, 3) penggunaan modul multimedia berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai post-test siklus I adalah 7,49 dan rata-rata nilai post-test siklus II adalah 8,43. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size sebesar 0,94.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Multimedia Berbasis Web, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Nov 2022 15:39
Last Modified: 10 Nov 2022 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum