IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VII SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012)

Suryanti, NIM.: 07600010 (2012) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VII SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VII SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012))
BSR087~Z.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VII SMP N 1 PIYUNGAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul melalui implementasi lesson study berbasis sekolah. (2) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru matematika di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul melalui implementasi lesson study berbasis sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul dengan subyek penelitian siswa kelas VII dan guru yang mengajar bidang studi Matematika di kelas VII. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket, lembar observasi, pedoman wawancara, post test dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dan deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa (1) Pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul dengan menggunakan tujuh indikator penilaian, bahwa nilai rata-rata kelas VII A, VII B dan VII G adalah tinggi dengan nilai rata-rata 74,33% dari yang diharapkan namun belum dapat mencapai nilai KKM sekolah. (2) Kompetensi profesional guru matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Piyungan Bantul secara umum tinggi ditinjau dari kemampuan menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan mata pelajaran matematika dengan kualifikasi tinggi, penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika yang terealisasi dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran oleh setiap guru, mampu mengembangkan materi pembelajaran matematika secara kreatif, kemampuan yang tinggi dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran, dan kegiatan tindak lanjut dalam pengembangan kompetensi yang dapat dilihat melalui penelitian tindakan kelas yang sudah direalisasikan oleh satu guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Edi Prajitno, M.Pd., dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Lesson Study Berbasis Sekolah, Kompetensi Profesional, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:58
Last Modified: 11 Nov 2022 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum