EFEKTIVITAS QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 WINONG

Yaya Endira Istivawati, NIM.: 08600092 (2012) EFEKTIVITAS QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 WINONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 WINONG)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 WINONG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan quantum teaching dengan pendekatan open ended yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah luas dan keliling segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Winong kelas VII tahun ajaran 2011/2012. Penentuan kelasnya diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, lembar observasi motivasi belajar siswa, dan teknik wawancara. Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis skor posttest kemampuan berpikir kreatif siswa dengan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, artinya skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji angket motivasi belajar siswa juga menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang artinya skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa quantum teaching dengan pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 2 Winong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Quantum Teaching, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:22
Last Modified: 11 Nov 2022 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum