EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN, BANTUL

Tri Yuliyanto, NIM.: 07600048 (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN, BANTUL)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN, BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (2) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain Nonequivalent Control Group Design di mana subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 4 Banguntapan, Bantul kelas VIII tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil gain, sedangkan data keterampilan sosial siswa diperoleh dari data rata-rata skor pengamatan atau observasi keterampilan sosial siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dengan program microsoft excel untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal pemahaman konsep matematika siswa. Program SPSS versi 16.0 digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis untuk pemahaman konsep matematika diuji dengan Uji T sampel Independen, sedangkan hasil keterampilan sosial siswa di uji dengan menggunakan bantuan software microsoft excell 2007 dan uji Mann-Whitney untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan data rata skor lembar observasi keterampilan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens terhadap pemahaman konsep matematika siswa lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Sedangkan untuk keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Time Tokens terhadap keterampilan sosial siswa lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Time Tokens, Model Pembelajaran Konvensional, Pemahaman Konsep Matematika, Keterampilan Sosial Siswa.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:02
Last Modified: 11 Nov 2022 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum