KERAGAMAN JENIS BURUNG ANGGOTA ORDO PASSERIFORMES DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN, GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASCA REHABILITASI

Ulfa Rosida S., NIM.: 06640011 (2012) KERAGAMAN JENIS BURUNG ANGGOTA ORDO PASSERIFORMES DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN, GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASCA REHABILITASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERAGAMAN JENIS BURUNG ANGGOTA ORDO PASSERIFORMES DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN, GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASCA REHABILITASI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (KERAGAMAN JENIS BURUNG ANGGOTA ORDO PASSERIFORMES DI SUAKA MARGASATWA PALIYAN, GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASCA REHABILITASI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Suaka Margasatwa Paliyan merupakan hutan yang kaya akan flora fauna namun, seiring dengan masa reformasi tahun 1998 terjadilah penjarahan secara liar, yang mengakibatkan lahan menjadi rusak dan gersang. Kondisi tersebut berpengaruh besar terhadap keragaman dan habitat burung di Suaka Margasatwa Paliyan. Hal yang harus dilakukan adalah pengelolaan satwa burung dengan memonitor data keragaman burung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman jenis burung anggota Ordo Passeriformes pasca rehabilitasi serta melihat perbandingan data spesies burung pra rehabilitasi di Suaka Margasatwa Paliyan. Penelitian dilaksanakan di Suaka Margasatwa Paliyan Gunung Kidul pada bulan November- Desember 2011. Pengambilan data burung di Suaka Margasatwa Paliyan dilakukan dengan penjelajahan menggunakan metode purposive sampling (Colin bibby, 1992) pada 6 petak yaitu petak 136-141 dengan 3 kali pengulangan. Analisis data menggunakan analisis secara Deskriptif. Hasil dari penelitian ini dijumpai 13 famili dari 22 spesies dari burung anggota ordo passeriformes. Pengamatan kedua dijumpai 8 famili dari 15 spesies, dan pada pengamatan ketiga dijumpai 11 famili dari 16 spesies. Spesies burung yang paling banyak dijumpai antara lain : Burung Kutilang, burung Pentet Kelabu, burung Prenjak dan burung Trocokan. Burung yang paling sedikit dijumpai diantaranya burung Prenjak Sisi Merah, burung Kacamata Biasa, burung Ciu Besar, dan burung Puyuh. Keragaman jenis burung di kawasan Suaka Margasatwa Paliyan pra rehabilitasi (1999) berjumlah 20 Spesies, dan pada pasca rehabilitasi (2007-2011) mengalami kenaikan menjadi 13 famili dari 22 spesies. Kesimpulan penilitian ini adalah keragaman jenis burung di Suaka Margasatwa berjumlah 13 famili dari 22 spesies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Trijoko, M.Si dan Najda Rifqiyati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keragaman Burung, Ordo Passeriformes, Pasca Rehabilitasi, Suaka Margasatwa Paliyan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:05
Last Modified: 11 Nov 2022 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum