KALAM INSYA' TALABI SURAH AN-NAZI’AT MENURUT AISYAH ABDURRAHMAN DALAM KITAB AT-TAFSIR AL-BAYANI LI AL-QUR’AN AL-KARIM

Nurul Endah Safitri, NIM. 18105030061 (2022) KALAM INSYA' TALABI SURAH AN-NAZI’AT MENURUT AISYAH ABDURRAHMAN DALAM KITAB AT-TAFSIR AL-BAYANI LI AL-QUR’AN AL-KARIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KKALAM INSYA' TALABI SURAH AN-NAZI’AT MENURUT AISYAH ABDURRAHMAN DALAM KITAB AT-TAFSIR AL-BAYANI LI AL-QUR’AN AL-KARIM)
18105030061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KALAM INSYA' TALABI SURAH AN-NAZI’AT MENURUT AISYAH ABDURRAHMAN DALAM KITAB AT-TAFSIR AL-BAYANI LI AL-QUR’AN AL-KARIM)
18105030061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an sering memunculkan maksud dan kandungan yang berbeda dengan makna tekstualnya. Penelusuran maksud suatu ayat yang berhenti pada makna tekstualnya ayat akan memuncukan pemahaman yang rancu dan ambigu. Salah satu fann ilmu yang mengkaji kebahasaan Al-Qur’an adalah ilmu Balaghah yang di dalamnya terdapat pembahasan mengenai kalam insya’ talabi. Kalam insya’ talabi merupakan suatu bentuk kalam yang masih diperlukan adanya penelusuran yang jauh untuk mengungkap hakikat makna yang dikandung oleh kalam tersebut. Penulisan ini mencoba menelusuri pencarian kalam insya’ talabi pada salah satu surah dalam Al-Qur’an yakni surah An-Nazi’at sebagai surah yang mengandung penjelasan-penjelasan tentang adanya hari kiamat sebagaimana kejadian yang niscaya akan didapati oleh seluruh alam semesta. Penelusuran tersebut didasarkan pada hasil analisis terhadap penafsiran Aisyah abdurrahman terhadap surah An-Nazi’at dalam kitabnya yang berjudul At-Tafsir Al-Bayani li Al-Qur’an Al-Karim , sebuah kitab tafsir yang berangkat dari kebahasaan dan sastra Al-qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis data kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan kitab At-Tafsir Al-Bayani li Al-Qur’an Al-Karim sebagai data primer dan kitab Jawahir al-Balaghah, Ushul al-Kalam serta literatur kebahasaan lain sebagai data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori ilmu ma’ani. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah: pertama, menghimpun ayat-ayat kategori kalam insya’ talabi dari surah An- Nazi’at. Kedua, menafsirkan ayat-ayat kalam insya’ talabi surah An-Nazi’at menurut pandangan Aisyah Abdurrahman dalam kitab tafsirnya. Ketiga: menentukan faidah-faidah kalam insya’ t}alabi yang terdapat di dalam surah An-Nazi’at berdasarkan hasil tinjauan terhadap penafsiran Aisyah Abdurrahman surah An-Nazi’at. Hasil penafsiran mengenai kalam insya’ talabi surah An-Nazi’at menyimpulkan bahwa surah An-Nazi’at menunjukkan sebuah gambaran mengenai adanya hari akhir dan menekankan kepada kita untuk mengimaninya. Berdasarkan analisis penafsiran kalam insya’ talabi surah An-Nazi’at dalam kitab At-Tafsir Al-Bayani li Al-Qur’an al-Karim, terdapat 9 ayat yang di dalamnya mengandung unsur kalam insya’ talabi , 7 di antaranya berupa kalimat istifham dan 2 di antaranya berupa kalimat amr. Faidah dari 9 ayat tersebut di antaranya adalah tamanni (harapan), ihtiqar, irsyad (nasehat), taqrir (menetapkan), tashawwur (ungkapan penggambaran), inkari (ungkapan pengingkaran), dan taubikh (celaan/teguran).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitriana Firdausi, S. Th. I., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Kalam insya’ talabi , An-Nazi’at, At-Tafsir Al-Bayani li Al-Qur’an
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 16 Nov 2022 14:50
Last Modified: 16 Nov 2022 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum